Puncak hujan diprediksi pada Januari ke Februari dan intensitas hujan akan semakin tinggi pada 25-28 Januari
Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang pada pagi hari ini.

Berdasarkan data situs resmi BMKG, Minggu, hampir seluruh wilayah Jabodetabek diperkirakan mengalami hujan sedang pada pagi hari, kecuali Bogor yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Selanjutnya pada siang hari, sebagian besar wilayah di Jabodetabek diprediksi mengalami hujan sedang yakni di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor. Sementara Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara diperkirakan mengalami hujan lebat, dan Jakarta Barat berpotensi hujan ringan.

Kemudian, pada malam hari, sebagian besar wilayah Jabodetabek diprediksi mengalami hujan ringan, yakni di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor. Sedangkan, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Jakarta Selatan diperkirakan mengalami hujan sedang.

Sebelumnya, BMKG menyatakan puncak hujan terjadi di wilayah Jabodetabek pada sepuluh hari ketiga di Januari dan sepuluh hari pertama Februari 2016.

BMKG juga menyatakan wilayah Indonesia yang hampir 90 persen telah memasuki musim hujan diprediksi akan mengalami puncaknya pada akhir Januari sampai awal Februari 2016.

"Puncak hujan diprediksi pada Januari ke Februari dan intensitas hujan akan semakin tinggi pada 25-28 Januari," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik Mulyono Rahadi Prabowo di Gedung BMKG Jakarta, Jumat (22/1) malam.

Prabowo mengatakan potensi hujan lebat diperkirakan akan menguat selama sepekan depan yang dipengaruhi oleh angin muson dingin Asia yang bergerak ke arah Australia melewati Indonesia.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016