SINGAPURA--(Antara/BUSINESS WIRE) -- Walaupun ekonomi Tiongkok dan pasar mata uang dan modal cenderung melemah, aktivitas merger & akuisisi (M&A) tahap awal pada awal tahun 2016 di banyak pasar Asia kembali menunjukan tren pertumbuhan positif dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Dengan demikian, hal ini mengindikasikan akan banyak penawaran di negara-negara di Asia pada paruh pertama 2016 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015. Temuan ini mengacu pada laporan terbaru Intralinks® Deal Flow Predictor (DFP) yang dirilis oleh Intralinks Holdings, Inc. (NYSE:IL), penyedia solusi perangkat lunak dan layanan untuk pengelolaan transaksi M&A. Sementara itu, di belahan Asia Pasifik (APAC) lainnya, tepatnya Australia, mengalami tren pertumbuhan negatif, yang disebabkan oleh jebloknya permintaan di pasar logam dan pertambangan - yang biasanya didominasi oleh konsumen asal Tiongkok.   

 

Intralinks DFP mampu meramalkan jumlah penawaran M&A yang akan dirampungkan di masa depan dengan cara melacak aktivitas M&A tahap awal - semua transaksi M&A di seluruh dunia yang berada dalam tahapan persiapan atau telah mencapai tahapan uji kelayakan. Biasanya, dengan telah dicapainya transaksi tahap awal, hanya tinggal berjarak enam bulan dari pengumuman kesepakatan resminya.

 

Data Intralinks DFP terbaru menunjukan penguatan kembali aktivitas M&A tahap awal di kawasan APAC selama Q4 2015, setelah penurunan drastis pada Q3 2015. Secara keseluruhan, berikut adalah prediksi transaksi M&A selama enam bulan ke depan (atau paruh pertama 2016):

- Jepang dan Asia Tenggara menjadi dua kawasan yang tak terdampak oleh volatilitas pasar dan berbagai tren negatif dari pasar Tiongkok - aktivitas M&A tahap awal malah meningkat di dua kawasan tersebut masing-masing sebesar 55% dan 11% YoY, sehingga mengindikasikan pertumbuhan kuat M&A yang berkelanjutan akan terus terjadi selama Q2 2016;

- Asia Utara dan Asia Selatan diprediksi akan mengalami peningkatan aktivitas M&A pada Q2 2016, setelah melalui tren pertumbuhan yang stagnan atau bahkan cenderung negatif selama Q1 2016 - aktivitas M&A tahap awal terus meningkat masing-masing sebesar 21% dan 14% YoY;

- Australia menjadi kawasan dengan jumlah pengumuman penawaran M&A tahap awal paling kecil, yaitu sebesar 18% YoY, sehingga diperkirakan akan sangat sedikit aktivitas M&A pada paruh pertama 2016 dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Transaksi M&A di Australia telah lama didominasi dari sektor logam dan pertambangan dan sangat mengandalkan perusahaan-perusahaan Tiongkok. Sudah jatuh tertimpa tangga - mungkin itulah peribahasa yang tepat bagi Australia dimana perpaduan dari anjloknya harga komoditas global dan melemahnya perekonomian Tiongkok berkontribusi besar bagi sedikitnya pengumuman penawaran M&A di Australia selama paruh pertama 2016.

 

Berdasarkan data Intralinks DFP terbaru, sektor Teknologi Tinggi, Media & Hiburan, Real Estate, dan Perawatan Kesehatan diramalkan menjadi sektor-sektor tersibuk selama paruh pertama 2016.

 

Vice President of Strategy & Product Marketing Intralinks, Philip Whitchelo, menyampaikan, "Di kawasan APAC, data aktivitas M&A tahap awal menunjukan fakta kalau beberapa negara/wilayah tidak terpengaruh oleh pelemahan ekonomi di Tiongkok dan volatilitas. Jepang dan Asia Tenggara menjadi dua kawasan dengan tren aktivitas M&A paling mengkilap selama paruh pertama 2016, sedangkan, kebalikannya, Australia menjadi negara yang paling terdampak oleh pelemahan ekonomi Tiongkok dan anjloknya tingkat permintaan komoditas. Meskipun demikian, jika dilihat dari potensi yang dimiliki oleh kawasan berkembang seperti APAC, kami yakin kawasan tersebut akan bangkit dan, menanggapi hal tersebut, para investor pastinya akan melihat segala sesuatunya dalam bingkai yang lebih besar dan jangka panjang jika mereka ingin merengkuh kesuksesan. Terbukti, pada paruh pertama 2016, banyak perusahaan yang mengakuisisi aset dengan memanfaatkan peluang valuasi."Berbagai temuan regional DFP lainnya:

 

- Amerika Utara (AU) - Pertumbuhan 5,4% YoY. Aktivitas M&A diperkirakan mengalami peningkatan sedang pada paruh pertama 2016 sebagai hasil dari kebijakan Bank Federal Reserve AS dalam mengambil pendekatan yang cermat terhadap kenaikan suku bunga selama tahun ini, pertumbuhan ekonomi AS yang berkesinambungan, menurunnya anggaran bahan mentah dan energi karena anjloknya harga minyak dan menguatnya nilai tukar dolar.

- Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA) - Aktivitas M&A tahap awal tumbuh 11% YoY, sehingga menjadikan EMEA sebagai kawasan dengan pertumbuhan tertinggi. Kondisi geopolitik umumnya belum mempengaruhi aktivitas M&A di kawasan ini.

- Amerika Latin (LATAM) - Pertumbuhan 7,4% mengindikasikan meningkatnya minat dari para pembuat kesepakatan, bahkan dengan kondisi ekonomi Brazil yang diproyeksikan akan negatif.

 

Untuk mengunduh laporan Intralinks DFP selengkapnya atau untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs kami.

 

Intralinks DFP telah diverifikasikan secara independen sebagai sumber prediksi terpercaya secara statistik untuk sejumlah pengumuman kesepakatan transaksi M&A di masa depan.

 

Tentang Intralinks

Intralinks Holdings, Inc. (NYSE:IL) adalah penyedia solusi kolaborasi konten enterprise global terkemuka. Dengan berbagai lini solusi Software-as-a-Service-nya, perangkat lunak Intralinks dirancang untuk memungkinkan pertukaran dan pengendalian informasi antar perusahaan dengan aman dan sesuai aturan saat dioperasikan melalui firewall. Lebih dari 3,1 juta profesional di 99% perusahaan yang masuk ke dalam Fortune 1000 mengandalkan pengalaman dan solusi dari Intralinks. Dengan didukung rekam jejak dalam menangani banyak transaksi dan proyek kolaborasi bisnis berprofil tinggi dengan total nilai mencapai lebih dari 28,1 triliun dolar AS, Intralinks adalah penyedia berbagai solusi kolaborasi berbasis cloud, bertaraf enterprise dan mudah digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.intralinks.com

 

Tentang Intralinks Deal Flow Predictor  

Intralinks Deal Flow Predictor menyediakan sudut pandang Intralinks terhadap aktivitas uji kelayakan M&A pada periode waktu kapanpun. Data statistik yang ada di dalam Intralinks DFP merepresentasikan volume virtual data room (VDR) yang telah terbuka atau direncanakan akan dibuka, melalui Intralinks atau penyedia lainnya untuk tujuan pelaksanaan uji kelayakan pada berbagai transaksi yang diajukan, yang meliputi  penjualan aset, divestasi, private placement, pendanaan, penggalangan dana, perusahaan patungan, dan kemitraan. Statistik-statistik tersebut tidak disesuaikan untuk berbagai perubahan di dalam pangsa pasar VDR Intralinks atau perubahan di dalam permintaan pasar untuk layanan VDR. Statistik-statistik tersebut mungkin tidak berhubungan dengan volume transaksi yang telah rampung yang mungkin dilaporkan oleh para penyedia data pasar dan jangan dianggap sebagai representasi volume transaksi yang telah disempurnakan pada periode waktu kapanpun. Segala indikator aktivitas M&A yang rampung di masa depan yang berasal dari Intralinks DFP didasarkan pada tingkat penawaran yang diasumsikan yang sedang berlangsung mulai dari tahap uji kelayakan hingga penyelesaian. Selain itu, data statistik yang dilaporkan oleh penydia data pasar dapat dihimpun dengan berbagai jenis transaksi dibandingkan data statistik seperti yang disebutkan diatas.

 

SIARAN PERS INI DAN INTRALINKS DFP (SECARA KOLEKTIF DISEBUT SEBAGAI "MATERI") DISUSUN "SEBAGAIMANA ADANYA" HANYA UNTUK TUJUAN PUBLIKASI INFORMASI. INTRALINKS TIDAK MENJAMIN, SEBAGAI REPRESENTASI ATAU JAMINAN APAPUN TENTANG KETEPATAN WAKTU, KEAKURATAN ATAU KELENGKAPAN ISI MATERI. MATERI INI DIDASARKAN PADA HASIL PENGAMATAN DAN INTERPRETASI SUBYEKTIF INTRALINKS TERKAIT KEGIATAN UJI KELAYAKAN YANG DILAKSANAKAN, ATAU YANG DIUSULKAN UNTUK DILAKSANAKAN, PADA PLATFORM VDR INTRALINKS ATAU PENYEDIA JASA LAINNYA UNTUK JENIS TRANSAKSI YANG TERBATAS. MATERI INI TIDAK DIMAKSUDKAN UNTUK MENJADI INDIKATOR KINERJA ATAU HASIL INTRALINKS UNTUK PERIODE WAKTU SEBELUMNYA, SAAT INI ATAU MASA DEPAN, JUGA BUKAN DIMAKSUDKAN UNTUK MENJANJIKAN, MENJAMIN ATAU MEYAKINKAN TINGKAT KESEPAKATAN YANG AKAN DIRAMPUNGKAN DI MASA DEPAN. MATERI INI TIDAK DIMAKSUDKAN SEBAGAI SARAN INVESTASI atau PERMINTAAN INVESTASI APAPUN.

 

THE INTRALINKS DFP DAPAT DIGUNAKAN HANYA UNTUK PENGGUNAAN PRIBADI DAN NON-KOMERSIAL. ISI INTRALINKS DFP TIDAK BOLEH DIKEMBANGKAN, DIDISTRIBUSIKAN, ATAU DITERBITKAN TANPA IZIN TERTULIS DARI INTRALINKS. UNTUK IZIN PENERBITAN ULANG KONTEN INTRALINKS DFP, HUBUNGI info@intralinks.com.

 

Baca versi aslinya di businesswire.com:

http://www.businesswire.com/news/home/20160126006275/en/

 

Kontak

 

Intralinks

Grace Keeling, +44 407 549 5294

gkeeling@intralinks.com

 

 

Sumber: Intralinks Holdings, Inc.

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016