Barcelona (ANTARA News) - Juara bertahan Barcelona tampil gemilang pada babak kedua untuk bangkit dari ketertinggalan dan mengalahkan Athletic Bilbao dengan sekor 3-1 untuk mengamankan tempat di semifinal Piala Raja, setelah Atletico Madrid tersingkir akibat kekalahan 2-3 dari Celta Vigo.

Inaki Williams membawa Bilbao memimpin pada menit ke-12 atas Barca, yang menggenggam keunggulan 2-1 dari pertandingan leg pertama.

Tim Katalan itu bangkit pada babak kedua dengan Luis Suarez menyamakan kedudukan. Tandukan Gerard Pique pada menit ke-81 membawa Barca memimpin dan Neymar melesakkan gol penutup pada fase akhir pertandingan.

"Kami berangkat dengan keunggulan yang bagus, namun kemudian kemasukan yang membuat hal ini menjadi rumit bagi kami," kata Suarez kepada para pewarta seperti dikutip Reuters.

"Itu adalah penampilan babak pertama yang buruk dari kami namun kemudian kami keluar (untuk babak kedua) dengan sikap yang berbeda dan hal itu membuat perbedaan."

Pablo Hernandez mencetak dua gol bagi Celta untuk mengejutkan Atletico yang menghuni peringkat kedua di klasemen Liga Spanyol.

Pertandingan leg pertama berakhir dengan skor imbang 0-0, namun pada leg kedua tercipta festival sepak bola menyerang di mana Celta memperlihatkan lebih banyak ketajaman.

Hernandez mencetak gol pada menit ke-22, dan meski Antoine Griezmann menyambar bola pantul untuk menyamakan kedudukan, John Guidetti mampu merestorasi keungulan tim tamu pada menit ke-56.

Celta memperbesar keunggulan mereka melalui sundulan lain dari Hernandez, dan Atletico hanya dapat mencetak satu gol balasan lagi melalui pemain pengganti Angel Correa sembilan menit sebelum pertandingan usai.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016