Banyumas (ANTARA News) - Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tetap dipadati wisatawan yang memanfaatkan liburan Tahun Baru Imlek 2567 meskipun hujan lebat sering mengguyur objek wisata alam di kaki Gunung Slamet itu.

Dari pantauan di Lokawisata Baturraden, Senin, wisatawan tampak berteduh di sejumlah gazebo dan teras bangunan yang ada di objek wisata itu akibat hujan lebat yang turun sejak pukul 11.30 WIB.

Salah seorang wisatawan dari Jakarta, Andrew mengaku tidak terganggu oleh cuaca yang kurang bersahabat itu.

"Ini sudah menjadi risiko kita yang memilih berwisata di objek wisata alam seperti Baturraden, jadi enggak masalah kalau terjadi hujan lebat," katanya.

Dia mengaku sengaja singgah di Lokawisata Baturraden dalam perjalanan kembali ke Jakarta setelah berlibur ke Yogyakarta bersama keluarga.

Selain Lokawisata Baturraden, dia bersama keluarganya juga singgah di Kebun Raya Baturraden.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Joko Haryanto memperkirakan jumlah wisatawan yang mengunjungi Lokawisata Baturraden selama liburan Tahun Baru Imlek 2567 mencapai 13.000 orang.

"Pada hari Sabtu (6/2) ada sekitar 2.500 orang dan hari Minggu (7/2) sekitar 7.500 orang. Hari ini (8/2) diperkirakan sekitar 3.000 orang," katanya.

Menurut dia, wisatawan yang mengunjungi Lokawisata Baturraden sebagian besar berasal dari luar Banyumas seperti Bandung, Jakarta, dan sejumlah daerah di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dia mengakui bahwa Lokawisata Baturraden tetap diminati wisatawan meskipun sering terjadi hujan dan banyak bermunculan objek wisata baru.

"Seperti hari ini, hujan lebat turun sejak pukul 11.30 WIB namun wisatawan tetap menikmati keindahan alam Baturraden," katanya.

Oleh karena itu, dia mengaku optimistis target kunjungan wisatawan ke Baturraden sebanyak 400.000 orang selama tahun 2016 dapat tercapai.

"Jumlah kunjungan wisatawan di Lokawisata Baturraden selama bulan Januari 2016 saja sudah mencapai 71.000 orang, sehingga kami optimistis target kunjungan wisatawan selama tahun 2016 sebanyak 400.000 orang dapat tercapai," katanya.

Disinggung mengenai atraksi yang digelar pada liburan Tahun Baru Imlek 2567, Joko mengatakan bahwa pihaknya tidak menyiapkannya secara khusus.

Menurut dia, pihaknya hanya menggelar musik kentongan yang secara rutin digelar untuk menyambut wisatawan di Lokawisata Baturraden.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016