Sorong (ANTARA News) - Tim Ekspedisi NKRI Wilayah Kabupaten Kaimana, Papua Barat, membantu Dinas Kesehatan setempat melakukan fogging atau pengasapan memberantas nyamik penyebab demam berdara (DBD).

Ketua Tim Ekspedisi NKRI Wilayah Kabupaten Kaimana, Mayor Inf. Thomas Barus yang dihubungi dari Sorong, Selasa mengatakan, berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan bahwa masyarakat setempat banyak yang dirawat di Rumah Sakit karena gejala DBD.

Oleh karena itu, kata dia, tim Ekspedisi NKRI Wilayah Kaimana membantu Dinas Kesehatan untuk melakukan pengasapan memberantas sarang nyamuk di pemukiman warga.

"Kegiatan pengasapan tersebut sudah berjalan selama dua hari dan disambut baik oleh masyarakat setempat," kata Mayor Inf. Thomas Barus.

Ia mengatakan, kegiatan pengasapan itu bertujuan untuk melindungi masyarakat Kabupaten Kaimana dari serangan nyamuk penyebab DBD.

"Karena sesuai informasi dari Dinas Kesehatan setempat bahwa penyebab utama masyarakat terkena DBD adalah gigitan nyamuk," ujarnya.

Selain melakukan pengasapan, lanjut dia, tim Ekspedisi NKRI Wilayah Kabupaten Kaimana juga mengajak masyarakat setempat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan tempat tinggal agar bersih dan terhindar dari nyamuk DBD.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Kaimana agar mengutamakan kebersihan lingkungan tempat tinggal karena kebersihan lingkungan adalah cara sederhana mengatasi DBD," tambah dia.

Pewarta: Ernes B. Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016