Palermo tunjuk Bosi sebagai pelatih baru

Roma (ANTARA News) - Palermo menunjuk Giovani Bosi sebagai pelatih baru mereka pada Rabu, menggantikan Guillermo Barros Schelotto yang mengundurkan diri setelah hanya satu bulan menangani tim karena ia tidak memiliki lisensi kepelatihan yang diperlukan.

Schelotto harus mengarsiteki timnya dari tribun setelah ditunjuk pada 10 Januari sambil menunggu persetujuan dari UEFA. Bagaimanapun, Palermo mengatakan pada Rabu siang bahwa UEFA mengatakan pihaknya tidak mengakui lisensi kepelatihan pria Argentina itu.

"Menyusul hal darurat yang disebabkan kegagalan UEFA untuk mengakui lisensi pelatih Guillermo Barros Schelotto, saya mengumumkan bahwa saya telah memberikan kepemimpinan tim pertama kepada pelatih tim junior Giovanni Bosi," kata presiden Palermo Maurizio Zamparini dalam pernyataannya sebagaimana dilansir Reuters.

Bosi merupakan sosok profesional yang banyak berkelana, yang pernah bekerja untuk sejumlah tim di tiga divisi teratas sepak bola Italia. Pekerjaan melatih tim senior terakhirnya adalah dengan Treviso di strata ketiga pada tiga tahun silam.

Palermo memulai musim di bawah asuhan Giuseppe Iachini, yang dipecat pada November dan digantikan oleh Davide Ballardini, yang kemudian dipecat pada Januari setelah hanya menangani tim sebanyak tujuh pertandingan.

Bosi, Fabio Viviani, dan Giovani Tedesco juga berada di bangku pemain cadangan sepanjang Schelotto masih menjadi pelatih tim.

Semua pelatih di kompetisi papan atas Eropa harus mengantungi lisensi UEFA, atau yang setara, di bawah konvensi kepelatihan UEFA.

Pada kasus bagi pelatih-pelatih non warga Eropa, lisensi hanya akan dikeluarkan jika mereka memiliki setidaknya lima tahun pengalaman dengan klub atau tim nasional papan atas, bagaimanapun Schelotto hanya memiliki pengalaman tiga tahun di klub asal Buenos Aires Lanus.

"Setelah evaluasi menyeluruh terhadap kasus Tuan Guillermo Schelotto, UEFA... Panel mengonfirmasi bahwa diploma terkininya tidak sesuai dengan kriteria minimal UEFA," kata UEFA dalam surat kepada Palermo, yang dipublikasi pihak klub di situs resmi mereka.

Palermo, penghuni peringkat ke-15 di Liga Italia, akan menjamu Torino pada Minggu.
(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar