Pertarungan menjadi sangat ketat secara global."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengapresiasi gerakan pemuda, salah satunya Forum Jong Indonesia, yang menggelorakan kembali semangat Sumpah Pemuda.

“Begitu mendengar ada forum generasi muda yang menggelorakan kembali semangat Sumpah Pemuda, saya sangat mendukung sekali," catatnya, saat menerima audiensi sekira 25 anggota Forum Jong Indonesia di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa, demikian keterangan tertulis MPR.

Dia mengemukakan, gerakan kebangsaan perlu mendapat dukungan, terutama di masa nilai-nilai kebangsaan semakin mundur dan nilai kekeluargaan seakan hilang seperti saat ini.

Pun kiprah aktif pemuda Indonesia dalam menggelorakan semangat kebangsaan, menurut dia, seharusnya tidak pernah berhenti.

Ia mencontohkan, dulu perjuangan dilakukan secara fisik, namun sekarang perjuangan dalam bentuk pertarungan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa, antara lain dengan meningkatkan (upgrade) kemampuan mereka.

“Kita saat ini menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Pertarungan menjadi sangat ketat secara global. Untuk itulah generasi muda dituntut untuk lebih meng-upgrade dirinya lebih berkualitas dan mampu bersaing dengan negara lain," catatnya.

Zulkifli menimpali, "Bukan hanya di bidang ekonomi, bahkan di semua bidang generasi muda harus berkualitas salah satunya menguasai teknologi."

Forum Jong Indonesia dalam kesempatan itu menyerahkan naskah Semangat Sumpah Pemuda Merah Putih menuju Indonesia Hebat atau Sumpah Pemuda Jilid II.

Anggota delegasi itu juga berharap Zulkfili berkenan menjadi Dewan Pembina Forum.

Mereka mengemukakan, Forum Jong Indonesia adalah sebuah forum berkumpulnya pemuda dari berbagai latar belakang mulai dari beragam suku, agama.

Para anggota merasa memiliki tanggung jawab moral untuk ikut serta dalam pembangunan bangsa dan negara.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016