Roma (ANTARA News) - Zinedine Zidane ingin memakai hati dan menggunakan otak anugerah Ilahi ketika melakoni debut sebagai manajer Real Madrid untuk meladeni AS Roma dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Zidane jelas-jelas tidak ingin disebut sebagai manajer yang bebal, karena tidak mampu membedakan mana hal yang baik dan mana hal yang buruk. Pria berpaspor Prancis itu bertekad mengukir memori sebagai "manusia yang berziarah" di jagat sepak bola dengan meraih kemenangan demi kemenangan.

Tantangannya tidak enteng, Zidane yang akrab disapa Zizou akan memimpin pasukan "Los Blancos" melawan tim tuan rumah "Giallorossi" di Stadio Olimpico, Roma, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Duel di kancah kompetisi sepak bola Benua Biru ini juga menorehkan memori makna bahwa yang baik selalu bersinar dan yang buruk selalu berakhir tragis, karena menggunakan pertimbangan akal budi secara cermat dan teliti. Ini yang akan dilakukan pelatih AS Roma, Luciano Spalletti sejak menggantikan pelatih sebelumnya sebulan lalu, Rudi Garcia.

Los Blancos mampu melenggang dari babak penyisihan grup, dengan meraih lima kemenangan dan sekali imbang ketika masih dibesut pelatih sebelumnya Rafa Benitez.

Salah satu punggawa andalan Si Putih, Cristiano Ronaldo terus bersinar dengan mata hati dan mata prestasi. Terbukti pemain yang menempati posisi sebagai penyerang sayap ini mampu mengoleksi 11 gol di babak penyisihan.

Zidane terus memotivasi pemain asal Portugal itu, karena seorang pemimpin sejatinya dituntut mampu memotivasi anak buahnya dengan mengorbankan kepentingan diri sendiri. De facto, pemain berjuluk VR7 saat ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan membukukan 11 gol. Jumlah ini terbanyak di fase grup.


Sementara itu, pasukan Roma tidak ingin kalah angin. Di bawah arahan pelatih Spalletti, Edin Dzeko dan kawan-kawan baru sekali kalah di ajang Serie A per 17 Januari lalu. Mereka kalah 0-1 dari salah satu raksasa Liga Italia, Juventus. Skuad Roma kini berada di peringkat keempat klasemen Serie A.

Komentar dua manajer:

* Luciano Spalletti (Roma):

"Saya tidak berpandangan ada tim favorit. Peluang kedua tim 50-50, meski masih terbuka kesempatan di babak selanjutnya. Kami ingin mendapat warta kemajuan tim mengingat pertandingan ini benar-benar punya gema yang tidak kecil. Meski kami tidak tahu juga apakan berada dalam jalur yang benar atau tidak."

* Zinédine Zidane (Real Madrid):
"Liga Champions merupakan kompetisi yang berbeda dengan Liga dan Roma tampil sebagai tim yang sangat baik. Mereka tahu betul cara bermain sepak bola. Pertandingan ini bakal berlangsung seru. Untuk itu kami terus berlatih selama pekain ini, dan kami siap menghadapi mereka."

Prakiraan susunan pemain:
 
* AS Roma (4-2-3-1):

Szczęsny (penjaga gawang); Rüdiger, De Rossi, Manolas; Florenzi, Pjanić, Keita, Nainggolan, Digne; Salah, Džeko.
Absen: Capradossi (cedera lutut)
Diragukan tampil: De Rossi (cedera betis), Totti (cedera betis)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: De Rossi, Nainggolan

* Real Madrid (4-3-3):
Navas (penjaga gawang); Marcelo/Carvajal, Varane, Sergio Ramos, Danilo; Modrić, Kroos, Isco; James Rodríguez, Benzema, Ronaldo.
Absen: Bale (cedera betis), Pepe (cedera kaki), Abner (cedera lutut)
Diragukan tampil: Marcelo (cedera bahu)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit : Casemiro

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Roma: W W W W L

12/2/16 Carpi FC 1 - 3 AS Roma
7/2/16 AS Roma 2 - 1 Sampdoria
2/2/16 Sassuolo 0 - 2 AS Roma
30/1/16 AS Roma 3 - 1 Frosinone
24/1/16 Juventus 1 - 0 AS Roma

* Real Madrid: W W W D W
23/2/16 Real Madrid 4 - 2 Athletic Bilbao
7/2/16 Granada 1 - 2 Real Madrid
31/1/16 Real Madrid 6 - 0 Deportiu Espanyol
24/1/16 Real Betis 1 - 1 Real Madrid
17/1/16 Real Madrid 5 - 1 Sporting de Gijón

Head To Head:
18/7/15 Real Madrid 0 - 0 AS Roma
29/7/14 Real Madrid 0 - 1 AS Roma
5/3/08 Real Madrid 1 - 2 AS Roma
19/2/08 AS Roma 2 - 1 Real Madrid
7/12/04 AS Roma 0 - 3 Real Madrid
 
Prediksi hasil laga (Goal.com:
* AS Roma 1 - 3 Real Madrid
* AS Roma 0 - 4 Real Madrid
* AS Roma 1 - 2 Real Madrid

Prediksi jalannya laga:
* Grafik penampilan Real Madrid di bawah asuhan Zidane terus menanjak. Pemampilan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan di Bernabeu demikian menakutkan dengan jumlah gol yang mereka lesakkan.
* Bertanding tandang, Madrid hanya menorehkan sekali imbang dan nyaris meraih kemenangan ketika melawan Real Betis dan Granada.
* Masalah "klasik" yang melekat di kubu Real Madrid justru tidak adanya keseimbangan antara lini pertahanan dan lini serang, meski dihuni sederet pemain bintang berkarakter predator gol.
* Roma bermodal kepercayaan diri harus benar-benar memanfaatkan peluang sebagai tim tuan rumah di laga leg pertama, sebagai langkah antisipasi bahwa Real Madrid bakal tampil habis-habisan ketika bertanding di Bernabeu.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* AS Roma: 1
* Real Madrid: 2

 

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016