Surabaya (ANTARA News) - Jalur rel di kilometer 32+5 hingga 33+2 kawasan Stasiun Porong hingga Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur sepanjang 700 meter kembali bisa dilewati kereta api, setelah sebelumnya selama sepekan lumpuh akibat banjir yang menggenangi kawasan itu.

Manager Humas PT KAI Daops 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Kamis mengatakan banjir sebelumnya merendam rel sejak Kamis (11/2) dan mengakibatkan 32 perjalanan terganggu, bahkan sejumlah perjalanan terpaksa dibatalkan akibat banjir itu.

"Setelah kami cek pada hari ini banjir di atas rel sudah mencapai toleransi maksimal bagi keamanan perjalanan KA yakni 9 cm, sehingga sudah bisa dilewati kereta api, dan sudah kita lakukan uji coba pada Rabu (17/2) dengan menggunakan KA barang," tuturnya.

Sementara itu, sebanyak 32 jadwal KA kini sudah bisa melewati jalur Porong-Tanggulangin terdiri dari 30 jadwal KA Penumpang dan dua jadwal KA barang, dengan kecepatan rendah level 5 km/jam saat melewati Porong.

Sebelumnya, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Krisbiantoro juga mengatakan perjalanan sejumlah KA di wilayahnya juga kembali normal karena banjir telah surut.

Namun demikian, perjalanan KA di wilayah Daop IX Jember sepenuhnya belum bisa berjalan normal sesuai jadwal, karena rangkaian KA Probowangi masih akan dikirim ke Banyuwangi, sehingga mengalami keterlambatan sekitar dua jam.

"Sedangkan KA Mutiara Timur siang bisa beroperasi normal sesuai jadwal semula karena rangkaiannya sudah berada di Stasiun Banyuwangi, namun hal tersebut tidak berpengaruh pada jumlah penumpang," ujarnya.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016