Ternate, Maluku Utara (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Kota Ternate, Maluku Utara, menyatakan, Putri Maha Chakri Sirindorn dari Kerajaan Thailand akan memberikan bantuan bagi sejumlah sekolah di Ternate saat momentum Gerhana Matahari Total (GMT).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Diknas Kota Ternate, Abdul Tukuboya , di Ternate, Sabtu, menyatakan, sesuai jadwal Putri Maha Chakri Sirindhorn akan kunjungan ke SD Negeri 50 Ternate di Tafure untuk memberikan bantuan.

Anak kedua Raja Bhumibol Adulyadej dari Thailand itu memang dikenal sangat peduli akan pendidikan dan hal-hal sosial lain. 

"Kunjungan Putri Thailand itu sebagai bentuk tindak lanjut atas bantuan yang telah diberikan sejak Desember 2015 ke sekolah tersebut terkait status gizi dan pengembangan kesehatan anak," katanya.

Bantuan dari Putri Maha Chakri Sirindhorn itu, menurut Azis, untuk bangun ruang UKS, ruang perpustakaan, ruang kamar mandi dua unit dan rehab kamar mandi, kebun sekolah maupun tempat bermait murid-murid SD Negeri 50 tersebut.

"Ternate merupakan Kota kedua di Indonesia setelah Kota Bogor yang mendapat bantuan dari Putri Thailand. Tujuh sekolah di Kota Bogor yang sudah menerima bantuan dari Putri Thailand, sedangkan Kota Ternate baru SD Negeri 50," katanya.

Kunjungan Putri Thailand itu, kata dia, setelah mereka menerima surat dari Kedutaan Besar Thailand di Jakarta yang memohon data jumlah serta daftar nama institusi pendidikan di Kota Ternate, mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA hingga universitas.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016