Shrewsbury (ANTARA News) - Apa yang perlu dilakukan oleh skuad Manchester United (MU) manakala tengah diterpa krisis tak berkesudahan?

Badai cedera  pemain dan prestasi tim yang kian memudar jauh dari harapan merupakan label anyar bagi pasukan Old Trafford.

Di bawah arahan meneer Louis Van Gaal, skuat Iblis Merah hanya membukukan dua kemenangan dalam enam laga terakhir di seluruh kompetisi, bahkan terlempar dari zona empat besar Liga Inggris (Premier League), terhempas dari Liga Champions dan terbuang dari Piala Liga.

Harapan bersua, manakala Manchester United ditantang tim dari Divisi Tiga Inggris (League One), Shrewsbury dalam laga putaran kelima atau babak 16 besar Piala FA, yang digelar di Stadion Greenhous Meadow, Shrewsbury, pada Senin waktu setempat, atau Selasa dini hari, pukul 02.45 WIB. Laga itu akan ditayangkan secara langsung oleh beIN Sport 1.

Di ajang Liga Europa, Manchester United kalah 1-2 dari Midtylland pada laga pertama babak 32 besar di Midtylland, Denmark, pada Jumat (19/2).

Kubu Iblis Merah diterpa badai cedera. Kapten Wayne Rooney mengalami cedera lutut yang memerlukan waktu penyembuhan sampai April agar dapat pulih seperti sedia kala. Di bawah mistar gawang, David De Gea juga menderita cedera lutut ketika melakukan pemanasan sebelum melakoni laga Liga Europa pertengahan bulan ini.

Antrean cedera juga menerpa sederet pemain dari tim papan atas Liga Inggris itu, sebut saja Marouane Fellaini (cedera otot), Cameron Borthwick-Jackson (sakit), dan Matteo Darmian (cedera bahu), Bastian Schweinsteiger (MCL), Ashley Young (cedera pangkal paha), Phil Jones (cedera kaki), Adnan Januzaj (hamstring), Guillermo Varela (cedera kaki), Antonio Valencia (cedera kaki), Marcos Rojo (cedera bahu) dan Luke Shaw (kaki patah).

Sementara itu, Shrewsbury, tim yang terancam terdegradasi di kompetisi League One, justru menuai warta positif dengan kebugaran pemain. Mantan gelandang United Larnell Cole dan Grimmer siap tempur.

Selain itu, tim asuhan pelatih Micky Mellon ini akan diperkuat oleh bek  Zak Whitbread, pemain yang punya pengalaman turun di gelanggang Liga Inggris semasa masih memperkuat Norwich City dan pernah memperkuat Liverpool di ajang Liga Champions, sedangkan mantan gelandang Rangers, Ian Black dikenal sebagai salah satu punggawa andalan timnas Skotlandia.

Komentar manajer dan pemain:

* Micky Mellon (Shrewsbury):

"Kami akan tampil sebaik mungkin dan tidak akan menyerah begitu saja. Kami berusaha tampil tanpa beban. Kami berharap dapat menuai hasil gemilang yang dapat membanggakan penduduk kota ini."

"Kami dituntut berjuang mendapatkan hasil positif ketika melawan mereka. Untuk itu kami siap dengan mentalitas bertanding yang pantang menyerah dan bermain gigih melawan mereka."

* Chris Smalling (Manchester United):
"Jelas bahwa (situasi belakangan) ini yang kami alami tidak dapat diterima begitu saja, kami perlu tampil lebih keras lagi melawan mereka. Untuk itu, kami memerlukan dukungan penuh seluruh fans. Kami tahu bahwa situasinya memang sedang tidak cukup gemilang."

Prakiraan susunan pemain:

* Shrewsbury Town (3-5-2):

Leutwiter (penjaga gawang), Whitbread, Smith, Percival, brown, Black, Ogogo, Wellens, Grimmer, Cole, Akpro

* Manchester United (4-2-3-1):
Romero (penjaga gawang), Love, Smalling, Blind, Bortwick, Carrick, Schneiderlin, Lingard, Pereira, Depay, Martial

Data dan fakta (BBC.co.uk):   

Head-to-head:

* Ini kali pertama kedua tim bersua dalam ajang laga yang kompetitif.

Shrewsbury Town:
* Shrewsbury mengalami tiga kekalahan dari empat laga kandang. Mereka hanya membukukan sekali kemenangan melawan Sheffield di babak keempat Piala FA.
* Mereka mampu mengalahkan dua klub lainnya (Cardiff dan Sheffield Wednesday), meski mereka menelan 14 kekalahan dari 23 laga di ajang Piala FA.
* Enam gol yang didapatkan oleh Shrewsbury di ajang Piala FA musim ini justru dicetak di laga babak kedua.
* The Shrews membukukan lima clean sheets dalam tujuh laga Piala FA (lima menang, sekali imbang, sekali kalah).
    
Manchester United:
* Skuat Iblis Merah hanya menggapai lima kemenangan dari 18 laga di seluruh kompetisi (enam imbang, tujuh kalah). Dua kemenangan mereka raih ketika melawan Sheffield United dan Derby County di ajang Piala FA.
* United mencetak 19 gol dalam delapan laga melawan tim asal divisi ketiga di Piala FA. Rata-rata gol yang dicetak 2,4 gol per laga.
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Shrewsbury Town: W D L W L

13/2/16 Blackpool 2 - 3 Shrewsbury Town
7/2/16 Fleetwood Town 0 - 0 Shrewsbury Town
2/2/16 Shrewsbury Town 1 - 2 Southend United
30/1/16 Shrewsbury Town 3 - 2 Sheffield Wednesday
26/1/16 Shrewsbury Town 0 - 1 Oldham Athletic

* Manchester United: L L D W W
18/2/16 Midtjylland 2 - 1 Manchester United
13/2/16 Sunderland 2 - 1 Manchester United
7/2/16 Chelsea 1 - 1 Manchester United
2/2/16 Manchester United 3 - 0 Stoke City
29/1/16 Derby County 1 - 3 Manchester United

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Shrewsbury Town 1 - 0 Manchester United (13 persen)
* Shrewsbury Town 1 - 2 Manchester United (9 persen)
* Shrewsbury Town 0 - 2 Manchester United (9 persen)

Prediksi jalannya laga:
* Jika Manchester United menelan kekalahan dari Shrewsbury maka hal itu "tidak masuk akal", menambah koleksi kekalahan memilukan setelah sebelumnya keok dari Midtjylland.
* Ini saatnya para pemain United bangkit dan menuai harapan dengan tampil sumringah, bukan justru tampil seadanya. Skuad MU bukan skuad kelas kambing.
* Shrewsbury akan memanfaatkan situasi limbung di kubu Manchester United. Tim asuhan pelatih Mellon siap menggempur pertahanan lawan.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Shrewsbury Town: 0
* Manchester United: 2

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016