London (ANTARA News) - Manajer Arsenal Arsene Wenger mengemukakan bahwa Barcelona "bukan tim yang tidak dapat dikalahkan". Sementara itu, statistik menunjukkan bahwa tim jagoan dari Liga Spanyol (La Liga) tidak terkalahkan dalam 32 laga, bahkan 13 menang dari 14 pertandingan terakhir.

Wenger berseru, "Kami harus memanfaatkan setiap peluang". Sedangkan manajer Barcelona, Luis Enrique menyatakan, "Predikat sebagai tim favorit tidak ada atinya apa-apa. Kami masih membuktikannya setelah berlaga, dan kami siap berlaga dan bertarung besok melawan mereka."

"Jika saja kami meraih hasil baik besok, maka hal itu akan fantastis, meski kami perlu tampil penuh percaya diri. Saya bersukacita karena punya tiga pemain di barisan depan yang siap tempur, dan skuat yang padu."

"Mereka pemain-pemain terpilih karena mampu tampil fantastis. Saya sungguh bersukacita menjadi manajer mereka. Saya hanya perlu mengatakan 'abrakadabra'," kata Enrique sebagaimana dikutip dari laman UEFA.

Sementara itu, Wenger menimpali dengan mengemukakan, "Saya tahu Luis Enrique sebagai pemain. Ia mencetak gol ketika melawan kami dalam laga di Wembley di Liga Champions."

"Ia mampu menjalankan tugas-tugasnya demikian cemerlang, karena ia mampu meraih treble dalam tahun pertama dia menjabat sebagai manajer. Sebelumnya, banyak pihak yang menyangsikan kemampuan dia."

Arsenal siap menjamu dan memberi perlawanan kepada Barcelona dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions yang digelar di Emirates Stadium, London, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Duel di jagat bola sedunia itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Berikut data dan fakta seputar Wenger versus Enrique sebagaimana dikutip dari AFP:   

Manajer:

* Arsenal: Arsene Wenger (66 tahun)
* Barcelona: Luis Enrique (45 tahun)
 
Pencetak gol di seluruh kompetisi:
* Arsenal - Olivier Giroud (18 gol)
* Barcelona - Luis Suarez (41 gol)

Penampilan di laga domestik:
* Arsenal - peringkat ketiga di klasemen Liga Inggris dengan meraih 51 point, setelah melakoni 26 laga.
* Barcelona - berada di puncak klasemen Liga Spanyol setelah melakoni 25 pertandingan. Duapuluh kali memang dari hanya dua kali kalah.

Capaian di babak penyisihan grup:
* Arsenal - posisi kedua di Group F
* Barcelona - juara Group E

Penampilan terbaik di Piala Europa/ Liga Champions:
* Arsenal - Runner-up 2006
* Barcelona - juara tahun 1992, 2006, 2009, 2011 dan 2015
 
Penghargaan lain:
* Arsenal: 13 kali juara Inggris, 12 kali juara Piala FA, dua kali Piala Liga, 14 kali juara Community Shield, satu kali juara Piala Winners Cup, satu kali juara Piala Fairs
* Barcelona: 23 kali juara Spanyol, 27 kali juara Piala Spanyol, 11 kali juara Piala Super, lima kali juara Piala Super, empat kali juara Piala Winners Cup, tiga kali juara Piala Fairs, tiga kali juara dunia antara klub.

Hasil laga sebelumnya:
Barcelona 1 Arsenal 1 - 1999/2000 Champions League group stage
Arsenal 2 Barcelona 4 - 1999/2000 Champions League group stage
Barcelona 2 Arsenal 1 - 2005/06 Champions League final
Arsenal 2 Barcelona 2 - 2009/10 Champions League quarter-finals
Barcelona 4 Arsenal 1 - 2009/10 Champions League quarter-finals
Arsenal 2 Barcelona 1 - 2010/11 Champions League last 16
Barcelona 3 Arsenal 1 - 2010/11 Champions League last 16

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016