Islamabad (ANTARA News) - Militer Pakistan pada Sabtu, menyatakan 19 gerilyawan dan empat prajurit Pakistan tewas dalam bentrokan di wilayah suku Waziristan Utara.

Bentrokan itu meletus saat militer memperluas serangan darat di wilayah itu, tempat gerilyawan yang terdesak berlindung di daerah pegunungan terjal.

Pasukan keamanan telah melancarkan operasi besar pada Juni 2014 dan telah membersihkan sebagian besar daerah itu dari anggota Taliban serta kelompok lain bersenjata.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Raheel Sharif dalam kunjungan belum lama ini ke Waziristan Utara telah menginstruksikan tentara agar meningkatkan serangan darat untuk membersihkan daerah yang tersisa.

Warga lokal mengatakan gerilyawan Taliban sekarang telah pindah ke daerah Shawal, tempat mereka memanfaatkan hutan, demikian laporan Xinhua.

"Hari ini pasukan darat mengepung satu kelompok gerilyawan yang melarikan diri di daerah Mangroti di dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan di Shawal. Baku tembak sengit terjadi. Sembilan-belas gerilyawan tewas dan beberapa orang lagi cedera dalam baku-tembak. Empat personel pasukan keamanan termasuk seorang perwira juga gugur dalam pertempuran," kata militer.

"Operasi darat di Shawal berjalan dengan mulus," demikian isi satu pernyataan militer.

(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016