Manchester (ANTARA News) - Empat gol dalam dua laga dicetak oleh pemain muda Marcus Rashford bagi Manchester United (Mu). Dua gol ketika melawan Midtjylland di ajang Liga Europa dan dua gol ke gawang Arsenal dalam duel Liga Inggris (Premier League) di Old Trafford pada Minggu (28/2).

Empat gol yang dilesakkan oleh Rashford lantas dilabel sebagai sensasi di tengah krisis yang melanda kubu skuat  berjuluk Ibilis Merah, sebagaimana dikutip dari laman Independent.

Usianya baru menginjak 18 tahun dan ia mengawali debut di ajang Liga Ianggris dengan predikat sebagai pemain muda bertalenta "sangat istimewa".

Berikut lima fakta penting seputar Marcus Rashford:

Pertama, ia lahir di Manchester pada 1997. Rashford lahir di Manchester pada 31 Oktober 1997, beberapa bulan sesudahnya Louis Van Gaal meninggalkan raksasa Liga Belanda Ajax Amsterdam menuju Barcelona. Beberapa hari sesudah United mencetak enam gol ketika melawan Sheffield dalam laga kandang, dengan sederet striker andalan Teddy Sheringham, Andy Cole dan Ole Gunnar Solskjaer.

Kedua, ia memperkuat Fletcher Moss Rangers di jenjang sepak bola usia muda. Rashford merupakan satu dari sejumlah pemain sepak bola yang menitii karier profesional sesudah meniti ilmu dan berkiprah di sepak bola usia muda berawal dari klub Fletcher Moss Rangers.

Penampilan Rashford banyak disebut mirip Wes Brown, Danny Welbeck dan Ravel Morisson, yang semuanya berawal dari jenjang sepak bola yunior. Sejumlah pemain rekannya di United seperti Cameron Borthwick-Jackson dan Tyler Blackett adalah jebolan Fletcher Moss Rangers.

Ketiga, ia telah menunjukkan prestasi menawan ketika masih berusia di bawah 18 tahun. Rashford menempati peringkat teratas tahun lalu dalam kejuaraan sepak bola yang diadakan United untuk usia di bawah 18 tahun.

Ia juga melewati masa-masa sulit seputar penampilannya karena dibangkucadangkan ketika memperkuat Rochdale di ajang Piala Lancashire Senior pada musim ini. Ini bertepatan sebulan sebelum berusia 18 tahun.

Keempat, ia mencetak dua gol dalam debut di aiang Liga usia muda UEFA. Nicky Butt, yang baru saja diangkat menjadi kepada akademi sepak bola United, kemudian memberi ban kapten kepada Rashford di ajang Liga usia muda UEFA pada musim ini ketika melawan PSV.

Rashford lantas menjawab kepercayaan itu dengan mencetak gol di Eindhoven, gol pertama dari titik penalti, yang membawa United menang 3-0.

Kelima, ia kemudian dipanggil untuk bergabung bersama skuat senior United. Manajer Louis Van Gaal memanggil kemudian menunjuk Rashford sebagai pemain pengganti ketika Manchester United menang 2-1 dalam laga yang dihelat pada 21 November 2015.

Besar kemungkinan, Van Gaal bakal memberi kepercayaan penuh kepada Rashford untuk turun bertanding di sejumlah laga penting yang dijalani United.    
 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016