Palu (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta kepada Satuan Polisi Pamong Praja di seluruh Indonesia agar murah senyum kepada masyarakat dalam menjalankan tugas.

"Sosialisasi harus disertai dengan senyuman. Tugas Satuan Polisi Pamong Praja memberikan suasana yang tentram," katanya pada Upacara Hari Ulang Tahun Satpol PP ke 66 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke 54 di Palu, Kamis.

Pada peringatan hari ulang tahun tersebut Mendagri Tjahjo Kumolo bertindak selaku inspektur upacara dengan dihadiri seluruh perwakilan Satpol PP kabupaten/kota se Indonesia.

Pada peringatan ulang tahun kali ini Satpol PP di seluruh Indonesia menyatakan tekad siap melaksanakan revolusi mental sebagai wujud nawacita.

Komitmen tersebut terpampang lebar di sebuah papan reklame besar di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Pesan tersebut berada di belakang pasukan peserta upacara sehingga tampak jelas di hadapan Mendagri dan seluruh pejabat yang menempati panggung kehormatan pada upacara tersebut.

Tjahjo mengatakan tugas Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat adalah melayani masyarakat, melaksanakan apa yang menjadi perintah pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang telah disepakati bersama DPRD.

"Tugas Satpol PP tetap disiplin dalam menjalan tugas, tertib, mengayomi, dalam upaya menjaga ketertiban di masyarakat," katanya.

Tjahjo juga meminta kepada Satpol PP dan Satuan Linmas agar memahami secara baik kultur budaya bangsa sebab Indonesia adalah negara besar yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan didiami oleh berbagai suku bangsa dan agama.

Tjahjo menegaskan, Satpol PP harus memahami bahwa pemerintah provinsi tidak hanya gubernur dan wakil gubernur atau pejabat struktural saja.

"Tetapi ada kepolisian, TNI, kejaksaan, pengadilan dan DPRD," katanya.

Demikian halnya pemerintahan di tingkat kecamatan. Pemerintah di tingkatan itu juga ada jajaran TNI, Polri dan tokoh-tokoh masyarakat.

"Ini yang harus dipahami," katanya.

Kemendagri, kata Tjahjo, adalah poros pemerintahan dan di dalamnya ada Satpol PP, kepolisian, kejaksaan dan TNI.

Setelah mengikuti upacara dan menyaksikan sejumlah atraksi oleh Satpol PP, Tjahjo didampingi Gubernur Longki Djanggola langsung meresmikan Gedung Satpol PP Provinsi Sulawesi Tengah di Jalan Pramuka, Palu.

Kantor tersebut merupakan satu-satunya kantor milik Satpol PP yang terbilang megah dengan dibangun menggunakan APBN pada 2015.

Pewarta: Adha Nadjemuddin
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016