Martapura (ANTARA) - Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, dituntut menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara maksimal guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah saat memberikan arahan dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Satlinmas Desa dan Kelurahan di Martapura, Sumsel, Jumat mengatakan bahwa Satlinmas memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan di TPS, hingga pengawalan logistik ke seluruh kecamatan di wilayah itu.

"Peran Satlinmas sangat penting untuk mewujudkan pemilu damai mengingat perkembangan dinamika politik yang diperkirakan akan meningkat," ujarnya.

Menurut dia, penyelenggaraan pemilu yang aman, tertib, dan damai merupakan tanggung jawab bersama, termasuk Satlinmas.

Dia menjelaskan Satlinmas merupakan sekelompok masyarakat yang terorganisir dan terlatih untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Mereka berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, termasuk dalam penyelenggaraan pemilu 2024 di wilayah itu," ujarnya.

Adapun tugas penting yang harus dijalankan oleh Satlinmas pada pemilu 2024 yaitu menjaga keamanan dan ketertiban di TPS, mulai dari proses pemungutan suara, perhitungan suara, hingga rekapitulasi suara.

"Mereka juga bertugas mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di TPS seperti perusakan alat peraga kampanye, kerusuhan, dan sebagainya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja OKU Timur, Vikron mengatakan bahwa Bimtek ini diikuti sebanyak 2.178 anggota Satlinmas desa dan kelurahan yang dilantik beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan Satlinmas dalam menjalankan peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab di lapangan.

"Bimtek ini sangat penting untuk memberikan pemahaman mengenai tupoksi Satlinmas, menjaga netralitas, dan menjaga kesehatan selama bertugas," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024