Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beograd memfasilitasi penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Acara tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan PPLN Beograd pada 4-9 November di Beograd, menurut keterangan tertulis KBRI Beograd yang diterima di Jakarta, Jumat.

Bimbingan teknis tersebut bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan pemahaman anggota PPLN tentang pemungutan dan penghitungan suara serta pengadaan dan distribusi logistik dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Para peserta mendapatkan wawasan mendalam dan pengetahuan tentang praktik dalam proses pemilihan umum, yang melibatkan logistik, pemungutan suara, dan penghitungan suara", ujar Duta Besar Indonesia untuk Serbia M. Chandra Widya Yudha.

Baca juga: PPLN Budapest data daftar pemilih tambahan luar negeri

Disebutkan bahwa anggota PPLN yang hadir dalam acara tersebut berasal dari 16 negara kawasan Eropa serta masing-masing dari satu negara asal kawasan Asia, Pasifik dan Afrika.

Di sela-sela acara, KBRI Beograd juga berkolaborasi dengan Organisasi Pariwisata Nasional Serbia untuk mempromosikan daerah pariwisata di Serbia kepada para peserta Bimtek.

Selain itu, PPLN Beograd dan KPU juga menyelenggarakan kegiatan nonton bareng bersama masyarakat Indonesia di Serbia, terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Beograd.

Baca juga: PPLN Cape Town gelar sosialisasi Pemilu 2024 kepada WNI di Afsel

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023