London (ANTARA News) - Penampilan tari tradisional Bali dan Jawa oleh Grup Tari KBRI Beograd, yang sebagian besar anggotanya warga Serbia mendapat sambutan meriah dari para penonton, yang kagum dengan keunikan dan ragam budaya Indonesia.

Pertunjukan kesenian Indonesia digelar KBRI Beograd bekerjasama dengan College of Tourism, Beograd, dalam acara Indonesian Day untuk memperkenalkan ragam budaya Indonesia di Serbia, demikian sekretaris tiga KBRI Serbia, Ariana Yulianti, Jumat.

Dalam "Sehari Bersama Indonesia", juga ditampilkan lagu-lagu tradisional Jawa Tengah dan lagu Serbia dan Indonesia yang ditampilkan tim gamelan dan tim angklung KBRI Beograd dan pembacaan puisi  bertajuk Sumatera karya sastrawan Serbia, Milos Crnjanski, oleh salah satu penulis di Serbia, Viktor Lazic.

Selain itu juga diadakan presentasi mengenai Indonesia, yang disampaikan alumnus program beasiswa Darmasiswa, Jelena Savkovic, yang berbagi pengalaman selama di Indonesia

Presentasi yang disampaikan Savkovic tersebut mendapat sambutan dari penonton yang hadir, dan banyak di antara mereka yang menyatakan ketertarikan dapat mengenal Indonesia lebih jauh dan menempuh studi di Indonesia melalui program beasiswa.

Dikatakannya kegiatan pengenalan budaya Indonesia dan kerjasama-kerjasama khususnya di bidang pendidikan antara Indonesia dan Serbia senantiasa mendapatkan perhatian khusus dari kalangan masyarakat maupun Pemerintahan Serbia. 

(zg

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013