Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beograd, Serbia mengadakan gelar griya untuk beri kesempatan silaturahmi masyarakat Indonesia di Serbia dan Montenegro pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Wisma Dubes.

"KBRI Beograd menyelenggarakan open house (gelar griya) pada hari Sabtu pada Sabtu (13/4), demi memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia dan Serbia bersilaturahmi pada momen Idul Fitri 1445 Hijriah,“ ujar Duta Besar RI Beograd, M. Chandra Widya Yudha dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Gelar griya pada Sabtu (13/4) merupakan satu dari serangkaian kegiatan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di KBRI Beograd setelah pelaksanaan Shalat Ied dan jamuan makan siang bersama.

Puncak kegiatan silaturahmi bersama semakin mempererat jalinan people-to-people contact antara masyarakat kedua negara, khususnya dalam memperkenalkan kehangatan perayaan Idul Fitri di Indonesia dan kekayaan kuliner Nusantara.

Selain dihadiri masyarakat Indonesia di Serbia dan Montenegro, kegiatan silaturahmi juga dihadiri oleh pejabat Pemerintahan Serbia antara lain Wakil Ketua Parlemen Serbia sekaligus mantan Menteri Pemerataan Pembangunan Regional Edin Đerlek, Kepala Pos Serbia sekaligus mantan Menteri Pertahanan dan mantan Menteri Ketenagakerjaan Serbia Zoran Djordjevic.

Gelar griya juga dihadiri para Duta Besar negara sahabat, para akademisi dan jurnalis dari kampus dan media terkemuka di Serbia, serta friends of Indonesia lainnya mencakup wakil dari Islamic Community of Serbia (ICOS), anggota Nusantara-Asosiasi Persahabatan Indonesia-Serbia, anggota Sanggar Tari Bidadari dan Sanggar Gamelan-Kolintang.

Kaum muslim berbaur dan bersilaturahmi bersama para sahabat pemeluk agama lainnya, mencerminkan kesatuan dan solidaritas dalam keberagaman di lingkungan KBRI Beograd.

Para hadirin menikmati hidangan khas Indonesia, antara lain ketupat, opor, sate, gado-gado, kerupuk serta tidak ketinggalan menu siomay Indonesia yang baru dinobatkan sebagai dumpling paling enak di dunia, versi Taste Atlas periode April 2024.

Baca juga: KBRI promosikan wisata Indonesia pada Pameran Internasional Beograd
Baca juga: Indonesia kembali hadir pada Pameran Pariwisata Internasional Beograd
Baca juga: KBRI Beograd fasilitasi penyelenggaraan bimbingan teknis PPLN

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024