Semuanya merupakan kue tradisional khas daerah yang terdiri atas 31 macam kue. Semua kue asli produksi lokal,"
Koba (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 30 ribu kue tradisional guna monyongsong fenomena alam gerhana matahari total (GMT) yang diperkirakan melintasi daerah itu pada 9 Maret 2016.

"Semuanya merupakan kue tradisional khas daerah yang terdiri atas 31 macam kue. Semua kue asli produksi lokal," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bangka Tengah, Useng Komara di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, puluhan ribu kue khas daerah itu akan digelar di satu tempat di titik pantau GMT di Desa Terentang, Kecamatan Koba oleh para pelaku UMKM yang ada di daerah itu dan pengunjung bisa memilih menu kue tradisonal kesukaan mereka.

Di antara kue yang digelar pada lokasi pengamatan GMT tersebut adalah kue serabi, jongkong, bakmi, pantiaw, martabak, resol, mimpau, dan kue lokal lainnya.

"Kuenya sangat banyak dan beragam dan berasal dari enam kecamatan di daerah ini. Pengunjung bisa berwisata kuliner di lokasi pengamatan GMT," ujarnya.

Ia mengatakan, kue khas daerah tersebut harus dikenalkan kepada pengunjung GMT yang berasal dari berbagai daerah dan bahkan dari mancanegara.

"Kue tersebut biasanya banyak ditemukan di rumah-rumah penduduk saat menggelar kegiatan tertentu dan semua itu dipastikan kue asli daerah, bukan tiruan," ujarnya.

Ia juga memastikan seluruh pihak di daerah itu ikut membantu penuh dalam menyukseskan kegiatan GMT sesuai dengan kapasitas masing-masing.

"Kapasitas kami adalah mengakomodasi para UMKM untuk menggelar produk khas daerah, mulai dari produk kuliner hingga souvenir hasil kreatifitas masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016