Jakarta (ANTARA) - Setiap gerhana matahari tiba, rata-rata orang selalu bersiap menikmati fenomena langka tersebut, namun, para ahli mengingatkan ada dampak buruk yang mesti dicegah agar mata tidak mengalami kerusakan yang serius.

Melansir Medical Daily, Senin (8/4), gerhana matahari terjadi ketika bulan bergerak antara bumi dan matahari sehingga menghalangi sinar matahari untuk sementara waktu.

Jika mata kita melihat langsung gerhana tanpa adanya proteksi yang kuat, gerhana dapat menyebabkan seseorang terkena retinopati matahari atau kondisi ketika sinar ultraviolet (UV) matahari merusak secara permanen jaringan retina sensitif pada mata.

Retinopati ini bisa terjadi hanya dalam kurun waktu 100 detik. Akibatnya, penderita mengalami gejala berupa penglihatan kabur, munculnya bintik-bintik gelap atau kuning, ketidaknyamanan dalam cahaya terang, dan penurunan penglihatan sentral ringan hingga sedang.

Baca juga: Hoaks! Bumi akan gelap pada 8 April 2024

Sayangnya, kerusakan yang disebabkan oleh retinopati surya belum ada pengobatan atau terapi yang efektif menyembuhkan kerusakan mata sangat tinggi pada anak-anak.

American Academy of Ophthalmology menilai masyarakat butuh mempersiapkan sejumlah hal ketika menyaksikan gerhana matahari, misalnya seperti menyediakan kacamata khusus yang berwarna hitam.

Kacamata hitam dinilai memiliki filter gelap yang aman untuk melihat gerhana dan telah memenuhi standar dunia yang sangat spesifik yang dikenal sebagai ISO 12312-2. Penggunaan kacamata hitam jadi sangat penting terutama bagi mereka yang berada di jalur gerhana sebagian.

"Selama gerhana sebagian, tidak ada yang aman untuk melihat matahari tanpa pelindung mata khusus. Bahkan kacamata hitam paling gelap pun tidak aman," kata perawat unit gawat darurat di Penn State Health Lancaster Medical Center Starr Schroeder.

Sementara menutur dokter spesialis mata bedah di Cleveland Clinic Dr. Nicole Bajic, masyarakat disarankan untuk menggunakan kacamata yang telah berstandar internasional ISO 12312-2 sebagai filter untuk melihat matahari secara langsung.

Sedangkan bagi masyarakat di jalur gerhana totalitas, orang dapat melepas kacamata sebentar ketika bulan menutupi matahari sepenuhnya. Namun, sangat penting untuk memakainya kembali segera setelah matahari mulai muncul kembali.

“Meski peristiwa ini menarik dan jarang terjadi, namun anda tidak ingin merusak penglihatan Anda selama sisa hidup Anda dengan tidak melindungi mata Anda,” kata Bajic.

Baca juga: Dampak psikologis saat gerhana

Baca juga: BRIN teliti fenomena matahari mulai dari bintik hitam hingga gerhana

Baca juga: Spesialis mata: Kacamata gelap tak lindungi mata dari sinar UV


 

Penerjemah: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024