Namun, jalur busway akan kami sterilkan untuk lintasan para peserta KTT tersebut."
Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta memastikan akan tetap menyelenggarakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day saat berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI).

"HBKB atau car free day akan tetap dilaksanakan pada Minggu besok. Waktu pelaksanaannya juga seperti biasa, mulai pukul 06.00 sampai 11.00 WIB di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman," kata Kepala Dishubtrans Daerah Khusus Ibukota (DKI) Andri Yansyah di Jakarta, Sabtu.

KTT LB OKI digelar pada 6 dan 7 Maret 2016 di Jakarta, sehingga menurut Andri Yansyah, pihaknya akan membuat agar jalur bus TransJakarta (busway) menjadi steril karena pada pukul 07.00 hingga 09.00 WIB dilalui oleh kendaraan para pemimpin negara sahabat.

"Kami menyadari bahwa car free day sangat dibutuhkan oleh masyarakat, maka akan tetap kami gelar saat KTT OKI berlangsung. Namun, jalur busway akan kami sterilkan untuk lintasan para peserta KTT tersebut," ujarnya.

Dia menuturkan, kegiatan HBKB diselenggarakan untuk mengajak seluruh masyarakat mengurangi ketergantungan penggunaan kendaraan bermotor pribadi dalam aktivitasnya sehari-hari, sehingga pencemaran udara di wilayah ibukota ikut berkurang.

Sementara itu, dikemukakannya, terkait pengaturan lalu lintas selama berlangsungnya KTT OKI 2016 di Jakarta, pihaknya mengerahkan sebanyak 250 anggota dibantu sekira 300 personel dari Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

"Selain itu, kami juga melakukan pengaturan lalu lintas di sejumlah hotel tempat para delegasi menginap. Jadi, mulai dari hotel sampai ke JCC Senayan dan juga bandara akan kami atur lalu lintasnya," demikian Andri Yansyah.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016