Jakarta (ANTARA News) - Koperasi dinilai mampu memicu kreativitas para anggotanya yang bergerak di bidang Industri Kecil Menengah (IKM) untuk berinovasi, kata Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Saleh menyampaikan hal tersebut saat membuka Pameran Produk Unggulan ”Koperasi Jasa Karya Nurani Rakyat” di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian di Jakarta, Rabu.

"Di sinilah, keberadaan koperasi menjadi penting karena mempunyai sistem untuk mengembangkan dan mensejahterakan para anggotanya sehingga nilai tiap-tiap kreativitas dapat direalisasikan serta dikembangkan di berbagai sektor,” kata Saleh.

Pada pameran yang dihadiri Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto tersebut, Saleh menyampaikan bahwa pembangunan ekonomi melalui sektor koperasi dapat mempengaruhi sektor perekonomian nasional lainnya. 

Di antaranya, dapat menjadi lapangan usaha yang mandiri bagi jutaan orang yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat di dalamnya, 

Menurut Saleh, pemahaman tentang koperasi dapat merujuk dari mantan Wakil Presiden era Presiden Soekarno, yaitu Mohammad Hatta, mengartikan bahwa tujuan koperasi bukan hanya mencari laba yang sebesar-besarnya.

"Melainkan, melayani kebutuhan bersama dengan wadah partisipasi pelaku ekonomi skala kecil," ujarnya.

Saleh menambahkan, pengembangan industri di Indonesia ditopang oleh sumber daya manusia yang andal dan mumpuni, termasuk dalam memacu IKM.

Kreativitas berbasis budaya tradisional dan penguasaan teknologi modern perlu ditopang oleh peran badan usaha ekonomi berorientasi mensejahterakan masyarakat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016