Jakarta (ANTARA News) - Sandiaga Uno ingin menyiapkan para pedagang di pasar tradisional agar tidak ketinggalan arus modernisasi dan teknologi.

Sandiaga yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) 2015-2020 menggantikan Prabowo Subianto.

"Saya ingin para pedagang tradisional melek teknologi dan tidak anti modernisasi. Saya ingin majukan pasar tradisional agar pedagang pasar jadi pahlawan terdepan ekonomi kerakyatan di Indonesia," kata Sandiaga, di Jakarta, Selasa.

Meskipun demikian, ia tidak ingin modernisasi dan teknologi akan melibas rakyat kecil yang tidak mampu menyesuaikan ekonomi yang semakin berkembang ke arah digital ekonomi.

"Harus hati-hati karena modernisasi akan hinggap ke pasar-pasar tradisional jadi kita harus menyiapkan SDM para pedagang pasar untuk bersiap-siap. APPSI harus ada di barisan terdepan dengan memberi pelatihan-pelatihan," ujarnya.

sandiaga juga sudah menyiapkan sebuah aplikasi pasar tradisional yang akan menghubungkan pedagang dengan pelanggan serta akan mempersiapkan ojek semacam Go-Jek yang akan memberi kemudahan kepada pelanggan.

"Ada aplikasi yang akan beri banyak solusi ke pedagang pasar, mendidik dan memberi solusi agar mereka nanti tidak kaget begitu teknologi masuk ke pasar tradisional,. Selain itu juga akan ada semacam Go-Jek yang akan beri kemudahan kepada pelanggan," jelas Sandiaga.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016