London (ANTARA News) - Dubes RI untuk Hongaria, Wening Esthyprobo dalam acara Indonesia Goes to School, mengatakan pembalap Formula 1 pertama dari Indonesia, Rio Haryanto, tidak lama lagi berlaga dengan pembalap dunia lainnya di Hongaria pada 23-24 Juli 2016 di sirkuit balap international, Hongaroring.

Kegiatan Indonesia Goes to School, diadakan KBRI Budapest di kota wisata di pinggiran Sungai Danube berbatasan langsung dengan Slovakia tepatnya dengan kota Komarno berjarak sekitar 120 km dari ibukota Budapest, demikian Pensosbud KBRI Budapest, Yudhi Gunawan kepada ANTARA London, Kamis.

Balap mobil Formula 1 diminati masyarakat Hongaria yang pernah memiliki Zsolt Baumgatner yang memperkuat tim Minardi pada tahun 2004. Sedangkan Sirkuit Internasional Hungaroring masuk dalam agenda dunia Formula 1 sejak tahun 1986.

Dubes Wening mempromosikan Indonesia melalui dunia olahraga juga membawa tim kesenian KBRI Budapest dengan memperkenalkan Indonesia melalui pertunjukan seni tari dan musik tradisional yang mendapatkan decak kagum tidak hanya dari pelajar juga staf pengajar dari sekolah tersebut.

KBRI Budapest menampilkan tari Jaipongan Ronggeng Beken dari Jawa Barat, Tari Oleg dan Joged Bumbung dari Bali, Degung Sunda dari Jawa Barat dan Rindik dari Bali. Selain itu dipresentasikan mengenai Indonesia serta pengenalan secara singkat Bahasa Indonesia.

Pelajar ikut berdendang serta menggoyangkan kepala ketika permainan kontemporer antara alat musik tradisional Rindik Bali dengan Gitar membawakan lagu berirama Reggae berjudul Aku Cinta Indonesia, karangan Uwe Kaa, penyanyi Jerman dan Ras Muhammad dari Indonesia putra dari Ibu Dubes Wening.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016