... selalu bilang Marshanda anaknya. Ada yang percaya, ada yang enggak. Masa anaknya artis tapi kondisinya dia seperti itu. Dia tunjukin foto sama Marshanda kecil, fotonya seperti di luar negeri, orang jadi percaya...
Jakarta (ANTARA News) - "Semua tahu dia ayahnya Marshanda," kata Keri, saat ditemui di rumah kontrakan dia, di Gang Jawara Nomor 34, Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Senin. 

Kawasan Jalan Bangka di Jakarta Selata juga menjadi kawasan di mana rumah-rumah mewah berlokasi, di atas tanah yang semula milik warga lama setempat. Akan tetapi, di sela-sela rumah-rumah mahal itu tetap ada kawasan-kawasan yang keadaannya cukup biasa atau malah cukup mengenaskan. 

Keri dan suaminya, Anwar, tinggal di bekas kamar kontrakan yang sebelumnya ditempati Irwan Yusuf, ayahnya Marshanda, sang artis sinetron, penyanyi, dan pesohor itu.

"Dia selalu bilang Marshanda anaknya. Ada yang percaya, ada yang enggak. Masa anaknya artis tapi kondisinya dia seperti itu. Dia tunjukin foto sama Marshanda kecil, fotonya seperti di luar negeri, orang jadi percaya," tambah Keri.

Meskipun dikenal sebagai ayahnya Marshanda, Anwar mengatakan tidak pernah melihat sosok Marshanda menjenguknya.

"Tidak pernah lihat dia dijenguk keluarganya, tetapi dulu pernah beberapa kali ada seorang sopir suka nyariin dia untuk kasih uang," ungkap Anwar.

Setelah diusir dari kontrakan karena menunggak bayar, Irwan hidup menjadi gelandangan. Dia kerap tidur di pinggir kios Pasar Baru, Mampang Prapatan, atau di kuburan Gang Manggis.

Menurut warga di sekitar Jalan Bangka IX, Irwan kerap duduk di pinggir Kali Mampang, di Pondok Jaya, sambil merokok dan melamun.

"Kalau malam dia sering makan di Warteg Pekalongan di Buncit V, saya suka ketemu, kenal sudah lama. Kerjaanya begitu saja, jalan kaki atau duduk pinggir kali. Tapi kalau diajak ngomong masih nyambung," ujar Aris yang berprofesi sebagai sopir taksi.

Meskipun menjadi gelandangan, Mar'ah sebagai pemilik warung nasi yang sering disambangi Irwan, mengatakan, bahwa ayahnya Marshanda itu tidak pernah utang padanya.

"Makanya saya kaget lihat berita katanya dia ngemis. Sebelumnya tidak pernah ngemis. Orangnya baik, tapi memang seperti orang stres begitu," ujar Mar'ah.

Mar'ah menambahkan, beberapa waktu terakhir ini Irwan jarang makan di tempatnya. Penampilannya juga semakin lusuh.

"Dia hanya lewat saja. saya tidak berani nanya karena penampilannya semakin kotor, maaf, dia saya lihat juga buang hajat sambil jalan, mungkin karena sudah kebelet tapi tidak ada tempatnya. Dia memang tidak pernah mandi, jarang ganti baju," jelas Mar'ah.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016