Dari sembilan sekolah yang diusulkan, tujuh sekolah hasil verifikasi telah disetujui Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan UNBK 2016
Ambon (ANTARA News) - Sekolah Unggulan SMAN 1 Ambon siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 4 -6 April 2016.

"Menghadapi UNBK kami telah melakukan try out (uji coba) serta simulasi bagi para siswa, saat ini kami hanya mempersiapkan dan mengingatkan kembali dan membahas hasil kerja siswa," kata Kepala Sekolah SMAN 1 Ambon, Carolia Mustamu, Kamis.

Ia mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan yakni gladi resik pelaksanan UNBK, penyiapan komputer, server serta ruangan telah steril.

Tiga ruangan dipersiapkan bagi para siswa yang masing-masing ruang tersedia 30, 34 dan 30 unit komputer serta tiga unit server.

"Total siswa SMAN 1 yang akan mengikuti UNBK tahun 2016 sebanyak 281 siswa yang akan diuji setiap hari dalam tiga bagian," katanya.

Menurut dia, persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat satu unit komputer digunakan tiga siswa, sehingga jika mengikuti aturan tersebut perangkat komputer cukup untuk melaksanakn ujian.

"Aturan yang berlaku satu unit komputer digunakan tiga siswa, jika sesuai aturan itu SMAN 1 paling tidak harus ada 92 hingga 93 komputer ditambah cadangan. Saat ini kami siap dangan 94 komputer dan tiga server serta satu server cadangan," ujarnya.

Ia berharap para siswa siap menghadapi ujian dengan berbagai persiapan yang telah dilakukan dan tanpa bantuan teman.

"Kami selalu mengajarkan siswa untuk belajar dengan baik serta mengerjakan soal tanpa bantuan siapapun. Para siswa harus siap secara pengetahuan, mental dan psikologis, karena sistem ini para siswa harus bekerja tanpa bantuan teman," kata Carolina.

Kepala Dinas Pendidikan kota Ambon, Benny Kainama menyatakan, tujuh sekolah di Ambon siap melaksanakan UNBK untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

"Dari sembilan sekolah yang diusulkan, tujuh sekolah hasil verifikasi telah disetujui Kementerian Pendidikan untuk melaksanakan UNBK 2016," katanya.

Ia mengatakan tujuh sekolah yang akan melaksanakan UNBK yakni SMPN6, SMAN1 dan SMA Siwalima, dan tiga SMK yakni SMKN1,2,3 dan 7.

"Pelaksanaan UN online sebagai upaya pemanfaatan teknologi informasi dan mencegah terjadinya kebocoran soal, kami berharap siswa dapat mempersiapkan diri dengan baik," ujarnya.

Benny menjelaskan, peralatan penunjang seperti komputer, jaringan internet, listrik dan SDM telah dipersiapkan, sehingga dipastikan saat pelaksanan ujian dapat berjalan dengan baik.

"Jika peralatan penunjang telah dipersiapkan, maka siswa juga harus dipersiapkan dengan berbagai latihan, terutama cara mengisi lembaran jawaban secara online," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016