Mataram (ANTARA News) - Siswa Sekolah Menengah Atas dan sederajat di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan mengikuti istighotsah, berdoa bersama untuk meminta pertolongan Tuhan, Jumat (1/4), menjelang pelaksanaan Ujian Nasional.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya istighotsah dilaksanakan secara seretak di Masjid Raya At-Taqwa, namun tahun ini kita pusatkan di masing-masing sekolah agar lebih fokus," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram H Sudenom di Mataram, Kamis.

"Pada prinsipnya, kegiatan istighotsah bertujuan untuk memohon, doa, agar dalam proses pelaksanaan ujian nasional baik reguler maupun ujian berbasis komputer berjalan lancar," katanya.

Tahun ini, ia menjelaskan, ada 7.061 siswa Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan yang mengikuti Ujian Nasional di 11 rayon di enam kecamatan di Kota Mataram.

Penyelenggara telah menyiapkan 379 ruangan dengan 616 pengawas untuk pelaksanaan Ujian Nasional pada 4-7 April 2016.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram menargetkan 100 persen siswa yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini mengerjakan soal ujian secara jujur dan lulus dengan nilai bagus.

"Nilai hasil try out rata-rata berada di atas standar nasional yakni 5,5," katanya.


Pewarta: Nirkomala
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016