Jambi (ANTARA News) - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi akan mendistribusikan soal Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA/sederajat ke kabupaten/kota pada Jumat (1/4) atau tiga hari sebelum ujian.

"Soal UN manual didistribusikan Jumat besok pukul 8.00 pagi," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Rahmat Derita di Jambi, Kamis.

Rahmat mengatakan soal UN sudah lebih dari seminggu tiba di Jambi dari percetakan Pekanbaru dan Jumat akan disalurkan dengan pengawalan dari Polda Jambi.

Penyaluran soal UN dibagi menjadi empat kawasan yaitu Zona I untuk Kabupaten Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Kemudian Zona II untuk Kabupaten Batanghari, Tebo dan Muara Bungo, Zona III untuk Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Sementara zona IV hanya Kota Jambi.

Rahmat mengatakan Jumat hanya akan didistribusikan soal untuk tiga zona sebab lokasinya jauh dari gudang tempat soal disimpan.

Soal UN akan didistribusikan ke Dinas Pendidikan sebelum ke sekolah-sekolah.

"Untuk zona IV yakni Kota Jambi didistribusikan H-1 UN atau Minggu (3/4), sebab Kota Jambi itu dekat dengan gudang penyimpanan soal," katanya.

Terkait dengan UN sistem Computer Basic Test (CBT) yang juga dilaksanakan pada Senin (4/4), Rahmat mengatakan sehari sebelum UN baru bisa dibuka akses untuk mengaktifkan token CBT.

"Dan untuk listrik, kami sudah minta kabupaten/kota untuk menyurati PLN agar tidak ada mati lampu selama UN berlangsung," katanya menambahkan.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016