Jakarta (ANTARA News) - Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandiaga Uno atau Sandi Uno adalah pengusaha muda dan ternama asal Indonesia itu mengajak masyarakat Jakarta khusnsya para pemuda untuk berolahraga lari agar badan sehat.

Di sela-sela aktivitasnya, Sandi Uno menyempatkan untuk berolahraga, sepert lari, basket, dan renang adalah olahraga favoritnya. Kegiatan olahraga ini dilakukan 5 kali dalam seminggu. Berbagai perlombaan lari, seperti lari marathon pun dilakukannya bersama teman-temannya dengan misi kemanusiaan (charity).

Dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu, Sandi Uno mengatakan, lari adalah olah raga yang murah, bisa dilakukan dimana saja, siapa pun bisa ikut, dan yang paling penting sangat sehat.

Menurut Sandi, berolahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang membuat diri kita menjadi senang dan melatih mental untuk belajar ikhlas dan tenang.

Disamping Sandi juga rajin meminum Vitamin C guna menjaga kondisi fisiknya.

Ia punya kebiasaan lari di pagi hari, biasanya dilakukan setelah salat subuh. Ini yang membuatnya selalu punya energi di tengah jadwalnya yang padat.

Selain itu, lari pagi menjadi ajang untuk berkontemplasi atau mencari inspirasi selain juga menjadi ajang Sandi bertemu langsung dengan ‘masyarakat pagi’ seperti penjual sayur, penjual makanan di pinggir jalan, pembersih jalan yang semuanya memulai aktivitas dari pagi hari.

"Sebelum berlari juga dibutuhkan persiapan yang matang, baik mental ataupun fisik. Tidak bisa dilakukan tiba-tiba terutama untuk jarak berlari yang jauh." ujar Sandi Uno.

Menurutnya, berlari melatih kita untuk mencapai target. Semakin muda anak dikenalkan dengan olahraga, terutama lari, nantinya akan membentuk karakter anak yang tangguh, disiplin, tidak mudah putus asa, dan semangat mencapai target.

Ditambah ilmu yang baik akan membentuk karakter yang mandiri di mana setiap orang akan mampu berkreasi hingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan melalui wirausaha.

Hal ini menjadi dasar Sandi memilih berlari sebagai salah satu olahraga favorit yang dilakukan setiap pagi. Baginya, tidak ada hari tanpa berlari. Bahkan saking hobi berlari, Sandi melakukan selalu menyediakan waktu khusus untuk lari diantara waktu kerjanya.

Menurutnya, menghabiskan waktu bersama keluarga terutama di hari Minggu tidak hanya pergi ke Mal atau berbelanja saja. Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat.

Pada hari Minggu pagi (3/4), ia mengajak masyarakat umum untuk berlari bersama dalam kegiatan "Jakarta Berlari bersama Sandi Uno" di Banjir Kanal Timur (BKT) yang juga memiliki track lari selain menjadi lokasi yang sering digunakan masyarakat umum untuk rekreasi.

Track ini juga biasa digunakan oleh komunitas Extraordinary Jakarta Running (EJR) dibawah pimpinan mas Ken dan IndoRunner.

Pewarta: -
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016