Barcelona (ANTARA News) - Barcelona berusaha berziarah dengan kutuk kehidupan yakni kekalahan berpasangan dengan kebangkitan. Takluk dari Real Madrid dalam laga klasik bermerek El Clasico menyisakan tekad untuk melancarkan balas dendam sesegera mungkin.

Barcelona siap meladeni perlawanan Atletico Madrid dalam laga pertama perempat final Liga Champions yang digelar di Camp Nou, Barcelona, pada Selasa, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Blaugrana kalah 1-2 dari Real Madrid dalam laga Liga Spanyol (La Liga) pada Minggu (3/4). Kekalahan itu mengakhiri rekor 39 tidak terkalahkan Barcelona. Kekalahan ini  bukan tidak mungkin bakal diekspolitasi habis-habisan oleh Atletico Madrid yang dilatih Diego Simeone.

Kemenangan terakhir Atletico atas Barcelona terjadi di leg kedua babak kuarter-final Liga Champions dua tahun lalu.

Rekor Barcelona belakangan ini tidak mengesankan dalam dua putaran di ajang kompetisi Liga Spanyol. Lionel Messi dan kawan-kawan hanya meraih empat kemenangan dan enam kekalahan dari 10 laga, dan sekali clean sheet dari ajang Liga Champions dan Piala Europa.

Sementara itu, Atletico hanya mengantongi tujuh kemenangan dan mengoleksi enam kekalahan dari 17 laga di ajang elite Eropa.

Atletico tampil sebagai tim yang sulit ditaklukkan. Sementara itu, Barcelona masih terluka dengan kekalahan di ajang El Clasico. Hanya saja, pasukan asuhan pelatih Luis Enrique ini mempunyai sederet pemain berkualitas.

Atletico harus terus tampil ngotot, sedangkan Barca bakal tampil percaya diri dengan optimisme bakal melenggang ke babak semi-final.    

 Komentar pelatih:

* Luis Enrique (Barcelona):

"Kami beberapa kali menghadapi Atletico beberapa tahun lalu. Untuk itu kami perlu menganalisis permainan mereka dengan pikiran terbuka karena mereka dapat saja bertanding dengan gaya yang berbeda."

"Mereka tim papan atas dengan filosofi yang jelas. Mereka tim yang berbahaya dalam melancarkam serangan baik. Mereka mampu menekan lawan tiada henti. Laga melawan Real Madrid tampil menawan selama 65 menit. Hanya saja, kami membuat banyak kesalahan. Ini hal yang normal ketika menghadapi lawan yang berkualitas."

"Kami bukanlah mesin dan saya puas dengan permainan mereka. Kami hampir lupa bahwa kami kalah, meski saya tetap berharap kami mampu meraih kemenangan dalam pertandingan berikutnya."

* Diego Simeone (Atlético Madrid):
"Kedua tim telah tahu satu sama lain. Saya yakin tidak banyak ruang kejutan. Mereka tampil bermain dengan gaya sepak bola yang spesifik. Mereka tampil dengan gaya permainan spektakuler di bawah asuhan Luis Enrique."

"Saya tidak menyangka sama sekali bahwa Barcelona dikalahkan Real Madrid. Kami senantiasa berharap bahwa Barcelona mampu menyajikan permainan terbaik. Mereka bakal tampil bersemangat karena bertanding di kandang. Mereka tim yang kuat. Lawan yang sulit dikalahkan."

"Kami bakal mewaspadai trio MSN (Messi, Suarez, Neymar). Mereka dihuni sederet pemain berkualitas yang terus menunjukkan grafik peningkatan. Kami berharap dapat meladeni mereka dengan penampilan terbaik. Yang penting, seluruh pemain memahami menit demi menit dengan berkonsentrasi penuh."

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona (4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang); Alves, Piqué, Mascherano, Alba; Busquets; Rakitić, Iniesta; Messi, Suárez, Neymar.
Absen: Sandro (cedera hamstring), Adriano (cedera hamstring), Mathieu (cedera lutut)
 
* Atletico Madrid (4-4-2):
Oblak (penjaga gawang); Juanfran, Lucas, Godín, Filipe Luís; Gabi, Saúl, Augusto, Koke; Griezmann, Torres.
Absen: Tiago (patah tulang)
Diragukan tampil: Savić (cedera otot), Giménez (cedera hamstring), Óliver Torres (cedera pangkal paha), Gámez (cedera otot kaki)
Absen di laga berikutnya jika terkena kartu: Oliver Torres

Data dan fakta: (Opta Facts):
* Barcelona mengemas kemenangan dalam enam laga melawan Atletico Madrid di seluruh kompetisi. Tujuh rekor kemenangan terakhir Blaugrana dalam sejarah head-to-head ketika melawan Colchoneros.
* Barcelona hanya meraih satu clean sheet dalam 12 laga di ajang Liga Champions dan Piala Eropa melawam tim-tim asal Spanyol.
* Sementara itu, Atletico tidak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam delapan laga di ajang Liga Champions dan Piala Eropa dalam pertemuan antar klub Spanyol.      
* Barcelona mencapai babak kuarter-final Liga Champions untuk kesembilan kali secara berturut-turut.   
* Barcelona meraih empat kemenangan di ajang Liga Champions dalam 10 musim terakhir.
* Barcelona menjadi satu dari dua klub yang tidak terkalahkan di ajang Liga Champions dalam musim ini. Mereka memetik 17 kemenangan dari 21 laga di seluruh kompetisi sejak musim lalu (dua imbang, dua kalah).  
 
Lima laga terakhir:

* Barcelona: L D W W W

2/4/16 Barcelona 1 - 2 Real Madrid
20/3/16 Villarreal 2 - 2 Barcelona
16/3/16 Barcelona 3 - 1 Arsenal
12/3/16 Barcelona 6 - 0 Getafe
6/3/16 Eibar 0 - 4 Barcelona

* Atlético Madrid: W L W W W
2/4/16 Atlético Madrid 5 - 1 Real Betis
19/3/16 Real Sporting 2 - 1 Atlético Madrid
15/3/16 Atlético Madrid 0 - 0 PSV Eindhoven
12/3/16 Atlético Madrid 3 - 0 Deportivo de La Coruña
6/3/16 Valencia 1 - 3 Atlético Madrid

Head To Head:
31/1/16 Barcelona 2 - 1 Aético Madrid
12/9/15 Atlético Madrid 1 - 2 Barcelona
17/5/15 Atlético Madrid 0 - 1 Barcelona
28/1/15 Atlético Madrid 2 - 3 Barcelona
21/1/15 Barcelona 1 - 0 Atlético Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Barcelona 2 - 0 Atlético Madrid (10 persen)
* Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid (10 persen)
* Barcelona 2 - 1 Atlético Madrid (10 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Barcelona: 2
* Atletico Madrid: 0

 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016