Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian menyusun empat Standar Industri Hijau (SIH) yang baru tahun ini menyusul delapan SIH yang telah diterapkan.

"Tahun ini akan ada empat SIH untuk beberapa sektor, kebanyakan di sektor manufaktur," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Haris Munandar di Jakarta, Rabu.

Haris mengatakan, penetapan SIH yang disusun akan mengikuti perkembangan isu lingkungan dunia internasional, termasuk berbagai kesepakatan.

Haris menyampaikan, hingga saat ini, sudah ada delapan SIH yang disusun oleh Kemenperin, yakni untuk semen portland, pulp dan pulp terintegrasi kertas, ubin keramik, serta tekstil pencelupan, pencapan dan penyempurnaan.

Kemudian, SIH untuk susu bubuk, karet remah (crumb rubber), karet konvensional (ribbed smoked sheet rubber) dan pupuk buatan tunggal hara makro primer.

Pada tahap implementasi awal, lanjutnya, SIH akan diberlakukan secara sukarela, di mana pemerintah akan memberikan fasilitas kepada perusahaan industri untuk dapat memenuhi SIH melalui insentif, baik fiskal maupun non fiskal hingga fasilitasi kegiatan promosi.

Ia juga menambahkan, program SIH disusun untuk menjadi pedoman pelaku industri memenuhi kriteria sebagai industri hijau dalam proses bisnisnya. 

Kemenperin pun akan memberikan penghargaan setiap tahunnya kepada perusahaan yang telah memenuhi standar dalam menerapkan industri hijau sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah.

Menurutnya, para pelaku usaha cukup terbantu dalam meningkatkan efisiensi penggunaan energi yang berdampak pada peningkatan profit di usaha mereka

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016