Priyo ini tokoh muda Golkar yang relatif bersih, secara legal formal dia belum pernah tersangkut dalam sebuah kasus korupsi, belum pernah menjadi tersangka dan terdakwa serta belum pernah menjadi saksi dalam suatu kasus
Jakarta (ANTARA News) - Politikus senior Golkar Hajriyanto Y. Thohari yang selama ini dikenal dengan netralitasnya hingga dijuluki "Si Golkar Putih" memutuskan mendukung Priyo Budi Santoso maju menjadi Ketua Umum Golkar pada Munaslub Mei 2016 di Bali.

Hajriyanto mengemukakan keputusannya memihak dalam Munaslub lantaran merasa sudah waktunya keluar dari rutinitasnya sebagai kelompok netral dalam setiap penyelenggaraan Munas.

"Kepribadian saya di Golkar selalu mengambil posisi netral. Dalam setiap Munas saya selalu menjadi bagian dari Steering Committee sehingga harus netral dan tidak berpihak. Tapi untuk Munaslub Golkar 2016 tentu tidak baik kalau selamanya saya mengambil posisi netral," ujar Hajriyanto dalam acara deklarasi Priyo maju sebagai kandidat Ketua Umum Golkar di Jakarta, Kamis.

Hajriyanto menyatakan dukungan kepada Priyo bukan tanpa alasan. Dia melihat Priyo bukan kandidat yang tiba-tiba ikut-ikutan maju memanfaatkan momentum Munaslub.

"Saudara Priyo sudah berani maju sebagai calon sejak Munas Bali, jadi bukan belakangan ini saja. Saudara Priyo juga merupakan kandidat yang otentik di mata saya," ujar Hajiyanto.

Hajriyanto memandang Priyo adalah calon uda. Dengan kenyataan bahwa situasi pertarungan politik ke depan yang akan kompetitif, maka menurut dia, diperlukan energi baru yang segar dalam kepemimpinan partai beringin.

Di sisi lain, Hajriyanto juga melihat posisi Priyo yang saat ini tidak mengemban tugas sebagai wakil rakyat akan menguntungkan karena yang bersangkutan dapat fokus menjalani kontestasi calon Ketua Umum Golkar tanpa kewajiban menghadiri rapat-rapat parlemen.

"Selain itu saudara Priyo ini tokoh muda Golkar yang relatif bersih, secara legal formal dia belum pernah tersangkut dalam sebuah kasus korupsi, belum pernah menjadi tersangka dan terdakwa serta belum pernah menjadi saksi dalam suatu kasus," terang dia.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu mengaku akan bertindak sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Sukses Priyo Budi Santoso dengan terlibat aktif dalam proses pencalonan dan kampanye.


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016