Jakarta (ANTARA News) - Universitas Pertamina, perguruan tinggi yang dikelola oleh Pertamina Foundation, menyelenggarakan "Education Fair" di tujuh kota secara serentak pada 16-17 April 2016, yaitu Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan dan Makassar.

"Selain ada gratis try out SBMPTN juga ada informasi seputar pendaftaran kuliah dan beasiswa pendidikan di Universitas Pertamina," kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro di Jakarta, Kamis.

Wianda mengatakan salah satu beasiswa yang diberikan melalui lomba karya kreatif dan inovatif untuk lulusan SMA/MA/SMK sederajat yang berminat melanjutkan studi di Universitas Pertamina. "Total lebih dari Rp2 miliar beasiswa bagi 15 pemenang lomba," ujar Wianda.

Lomba yang diperuntukan bagi siswa-siswi yang telah lulus SMA/SMK sederajat pada 2016 ini memiliki tema "Energi Muda Masa Depan Bangsa". Ada tiga kategori lomba yang bisa diikuti, yaitu penulisan karya ilmiah, desain grafis dan riset aplikasi digital.

Beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan selama delapan semester dan tunjangan biaya hidup masing-masing sebesar Rp1,2 juta/bulan selama 48 bulan. "Penerima beasiswa selama studi diharuskan untuk mendapatkan nilai IPK di atas 3,00," katanya.

Pendaftaran peserta sekaligus pengiriman karya dimulai pada 7 April sampai dengan 4 Juni 2016. Seleksi tahap I dilakukan pada 18 April sampai 10 Juni 2016. Seleksi tahap II dilakukan 15 Juni sampai 28 Juni dan persentasi karya peserta dan penjurian pada 29 Juni-5 Juli 2016.

Pengumuman pemenang pada 5 Juli 2016. Syarat dan ketentuan lomba ini dapat dilihat di website pertamina.com dan universitaspertamina.ac.id.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016