Langkah pertama investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi dan analisis rootcauses agar diketahui akar masalah penyebab kejadian
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Kesehatan dan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Prof Dra Fatma Lestari mengatakan Pertamina perlu melakukan lima langkah terkait ledakan kilang Pertamina Dumai.

"Langkah pertama investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi dan analisis rootcauses agar diketahui akar masalah penyebab kejadian," kata Fatma Lestari dalam keterangannya, di Depok, Senin.

Fatma Lestari yang juga Wakil Ketua Dewan K3 Nasional mengatakan langkah kedua adalah mengambil lessons learned dari kejadian-kejadian kecelakaan dan sharing kepada publik apa penyebabnya, untuk mencegah kejadian serupa.

Selanjutnya ketiga, audit secara keseluruhan harus dilakukan untuk mengetahui gap yang ada. Yang tidak kalah penting adalah hasil audit tersebut dilanjutkan dengan tindakan perbaikan dan pencegahan kecelakaan kedepannya.

Baca juga: Pertamina Dumai lakukan proses pemulihan kilang pasca kebakaran

Untuk langkah keempat, lanjut dia, adalah melakukan kajian risiko secara mendalam dengan quantitative risk analysis agar diperoleh hasil yang mendalam dan detail.

Terakhir kelima, kata dia,  memastikan keandalan sistem dan instalasi yang beroperasi dengan melakukan asset integrity analysis serta safety integrity level.

Prof Fatma menyarankan juga agar jangan lupa untuk melakukan analisis layer ofprotection serta memastikan hasil analisis tersebut diimplementasikan.

Selain itu Fatma yang juga Ketua Pusat Pengendalian Risiko Bencana menjelaskan audit yang dimaksud dapat dilakukan secara internal Pertamina. Dapat juga oleh pihak eksternal, misalnya pemerintah, lembaga audit, dan pihak terkait lainnya.

"Pelaksanaan audit internal sendiri dapat dilakukan sesuai kebutuhan, mulai dari setiap enam bulan sampai satu tahun sekali," katanya.

Sementara untuk audit eksternal dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan, misalnya ketika akan sertifikasi atau sesuai program yang ditetapkan. Misalnya saja surveillance audit dan audit pemenuhan.

Baca juga: Ledakan kuat terdengar dari kilang minyak Pertamina Dumai
Baca juga: Ledakan di Kilang Pertamina Dumai akibatkan lima pekerja terluka
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023