Bukti nyata upaya PT KPI Grup menjalankan 'Corporate Social Responsibility' mendapatkan pengakuan internasional.
Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit II Dumai dan Sei Pakning, Provinsi Riau meraih sejumlah penghargaan internasional di ajang Communitas Award dari Amerika Serikat (AS) atas sejumlah program pengembangan masyarakat dan penuntasan masalah sosial.

“Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa upaya PT KPI Grup dalam menjalankan 'Corporate Social Responsibility' (CSR) mendapatkan pengakuan internasional,” kata Area Manager Communication, Relations, & CSR Unit Dumai Agustiawan, Rabu.

Pada ajang Communitas Award tersebut, PT KPI Unit Dumai berhasil meraih penghargaan dalam kategori "Excellence In Corporate Social Responsibility" melalui program bertema "Towards Productive and Sustainable Peatland Agriculture". Hal ini mengedepankan program Pertanian dan Peternakan Lahan Gambut Terintegrasi.

Melalui program ini, PT KPI Unit Dumai melakukan pembinaan kepada Kelompok Masyarakat Alam Tani di Kelurahan Tanjung Palas untuk bercocok tanam sorgum di lahan gambut. Kemudian memanfaatkan limbah pertanian yang belum termanfaatkan untuk diolah menjadi pakan ternak.

"PT KPI Unit Dumai juga memberikan pelatihan ternak kambing agar saling terintegrasi," ujarnya pula.

Sementara itu, PT KPI Unit Sei Pakning berhasil meraih penghargaan dalam kategori yang sama melalui program bertema "The Peat River is Radiant". Hal ini mengangkat program Pengolahan Air Gambut Menjadi Air Bersih dengan instalasi Filtrasi Air Gambut (FILAGAM).

Program ini dilatarbelakangi kondisi Sungai Dayang yang telah mengalami degradasi kualitas air sebagai sumber air baku untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, PT KPI Unit Sei Pakning melakukan pengolahan air minum dan menciptakan inovasi berupa FILAGAM. Program ini berhasil menghemat biaya pembelian air bersih sebesar Rp87,9 juta per tahun dan memberikan pendapatan sebesar Rp102,62 juta per tahun.

“Berkat kolaborasi yang baik antara perusahaan, kelompok masyarakat, dan stakeholder terkait, telah tercipta berbagai macam inovasi program pemberdayaan masyarakat yang dampaknya cukup signifikan dalam mengatasi masalah ekonomi dan sosial yang ada,” kata Agustiawan.

Agustiawan juga berharap bahwa sejumlah penghargaan yang diraih ini dapat dijadikan motivasi untuk tidak cepat puas dalam mengembangkan program yang lebih inovatif dan berdampak besar bagi masyarakat dan perusahaan.
Baca juga: Pertamina Dumai lakukan proses pemulihan kilang pasca kebakaran

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023