Dumai, Riau, (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai, Provinsi Riau memberikan program Pelatihan Montir Kapal Nelayan di Kelurahan Mundam untuk meningkatkan keterampilan sekitar 20 orang nelayan di wilayah tersebut.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Dumai, Agustiawan, Minggu menyebutkan kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh PT KPI Unit Dumai pada tahun 2023 ini.

"Kegiatan ini relevan dengan kondisi beberapa wilayah di Dumai, di mana sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Tujuan utama dari program ini adalah meningkatkan keterampilan para peserta dalam perbaikan kapal nelayan, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian melalui hasil skil yang akan dipelajari," katanya.

Sebagai pemateri yakni dari PT KPI Unit Dumai, serta Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai. Kegiatan ini juga didukung Pemerintah Kota Dumai dan Lembaga Amil Zakat Madani Human Care.

Agus menyebutkan pelatihan ini juga diharapkan dapat mengurangi pengeluaran operasional nelayan jika terjadi kerusakan pada kapal mereka. Program pelatihan ini bukan hanya satu kali, melainkan akan dilanjutkan dengan rangkaian pelatihan lainnya, dan dilaksanakan sampai Minggu (27/8) mendatang.

Sementara itu Asisten I Pemerintah Kota Dumai Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yusrizal, mengatakan pihaknya mengapresiasi inisiasi dan komitmen perusahaan yakni PT KPI Unit Dumai dalam mendorong keterampilan para nelayan kota itu.

"Apresiasi kami kepada PT KPI Unit Dumai dalam rangka program ini, karena banyak manfaat yang akan dirasakan para nelayan terutama keahlian dalam perbaikan mesin kapal yang menjadi alat utama aktifitas melaut," ungkapnya.

Kemudian Direktur LAZ Madani Human Care, Dziqri Hanafi, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih pihaknya terhadap PT KPI Unit Dumai dan Pemkot Dumai, sehingga program ini dapat terlaksana mulai dari perencanaan hingga pada pelaksanaan saat ini.

"Semoga dengan kegiatan ini tentunya memberikan manfaat untuk semua pihak, tidak hanya kepada peserta namun juga nantinya dapat ikut mensejahterakan masyarakat kelompok nelayan yang ada di Kota Dumai dan sekitarnya," ujarnya.

Baca juga: KPI RU II raih penghargaan Communitas Awards dari Amerika Serikat

Baca juga: Pertamina Dumai lakukan proses pemulihan kilang pasca kebakaran

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023