Berlin (ANTARA News) - Politisi Reinhard Grindel terpilih sebagai presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) pada Jumat, ia tidak memiliki saingan untuk mengepalai organisasi sepak bola itu yang sempat terhantam skandal Piala Dunia 2006.

Grindel menggantikan Wolfgang Niersbach, yang mengundurkan diri pada November menyusul keterlibatannya dalam skandal Piala Dunia yang terjadi sepuluh tahun silam, lapor Reuters.

"Kami memerlukan fair play dan kami memerlukan integritas," kata Grindel. "Agar dapat menjamin bahwa kami harus memperbaiki mekanisme kontrol internal kami."

Anggota parlemen dari partai CDU untuk Kanselir Jerman Angela Merkel, Grindel (54), yang menjadi bendahara DFB pada 2013, tidak banyak dikenal oleh para penggemar sepak bola Jerman, namun ia merupakan satu-satunya kandidat untuk posisi tersebut.

Pewarta televisi yang kemudian menjadi politisi Grindel, yang merupakan wakil ketua untuk komite parlemen pada olahraga, kini harus merestorasi kepercayaan terhadap organisasinya di tengah sejumlah penyelidikan terhadap tudingan korupsi.

Dua pendahulunya, Niersbach dan Theo Zwanziger, sedang diperiksa oleh jaksa Frankfurt untuk dugaan penghindaran pajak terkait skandal Piala Dunia dan pembayaran senilai 6,7 juta euro kepada FIFA.

DFB memiliki lebih dari 6,8 juta anggota terdaftar dan lebih dari 161.000 tim.
(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016