Kediri (ANTARA News) - Ribuan peserta mendaftarkan diri dalam kegiatan lintas alam Semen-Besuki (Laski) XI yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, di kawasan Gunung Wilis (2.169 meter di atas permukaan laut) pada 24 April 2016.

"Yang mendaftar dari berbagai daerah bukan hanya dari Kediri, tapi dari luar Kediri. Ada ribuan yang mendaftar," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkab Kediri Haris Setiawan di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan lintas alam itu merupakan salah satu agenda untuk memperingati Hari Jadi ke-1.212 Kabupaten Kediri. Sebelumnya, sejumlah kegiatan sudah diselenggarakan untuk memperingati hari jadi atau hari ulang tahun itu.

Untuk lokasinya, ia mengatakan dipusatkan di kawasan Gunung Wilis pada 24 April 2016 mulai pukul 06.00 WIB dan dibuka oleh Bupati Kediri.

Selain untuk sarana olahraga dengan jalan kaki, Haris mengatakan kegiatan itu juga ditujukan semakin mengenalkan lokasi wisata di Kabupaten Kediri. Di kawasan Gunung Wilis tersebut, banyak lokasi wisata terutama alam. Salah satunya air terjun.

Untuk rute, ia menambahkan akan dimulai dari depan kantor Kepolisian Sektor Semen. Mereka harus melalui sejumlah titik, termasuk arus sungai, bahkan melewati tebing tinggi. Panjang perjalanan dalam lintas alam itu bisa sampai 29 kilometer.

"Nanti dimulai dari depan Polsek Semen dan berakhir di lokasi wisata air terjun Irenggolo di Dusun Besuki, Desa Jugo Kecamatan Mojo," ujarnya.

Pemerintah kabupaten sudah menyiapkan sejumlah sarana prasarana untuk kegiatan lintas alam tersebut, termasuk sarana kesehatan. Nantinya, ada tim medis yang bertugas secara khusus, guna mengawal kegiatan lintas alam itu.

"Panitia menyediakan berbagai fasilitas termasuk adanya tim medis. Semuya disiagakan," ungkapnya.

Untuk pendaftaran, Haris mengatakan bisa dilakukan di panitia setempat. Peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp15.000 per orang. Dengan itu, peserta juga mendapatkan sejumlah fasilitas salah satunya air mineral.

Haris berharap kegiatan lintas alam itu berlangsung dengan tertib dan lancar. Untuk menarik minat masyarakat, panitia pun juga memberikan berbagai hadiah misalnya sepeda motor serta berbagai peralatan elektronik.

Pewarta: Destyan HS
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016