Jayapura, Papua (ANTARA News) - Peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, SMK dan MA di Kota Jayapura dinyatakan lulus 100 persen.

"Untuk perolehan nilai tertinggi perindividu hanya bergerak di dua sekolah, SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 3," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, di Jayapura, Sabtu.

Ia mengungkapkan, tidak hanya berhasil mempertahankan angka kelulusan, Kota Jayapura juga bisa meningkatkan perolehan nilai rata-rata UN.

"Tahun ini nilai rata-rata ada peningkatan karena ada beberapa nilai yang bisa menembus sampai 95 untuk mata pelajaran fisika, matematika ada yang sampai 92, itu nilai murni dari SMA 4. Itu yang saya katakan peningkatan yang luar biasa di Kota Jayapura," kata dia.

Wayan menjelaskan, untuk 2016 pengumuman hasil kelulusan dilakukan secara daring tepat pada pukul 15.00 WIT.

"Pada hari ini 7 Mei 2016, www.unkotajayapura.info sudah dibuka. Saya memantau server kami, sudah banyak pengunjung, di situ sudah ketahuan siapa yang lulus dan siapa yang tidak lulus," ujarnya lagi.

"Untuk tahun ini tidak ada sekolah yang mengumumkan secara manual, semuanya kita lakukan lewat online.

Di dalam itu bisa kita lihat bahwa siswa ini ada di peringkat berapa di sekolah dan di Kota Jayapura," sambungnya.

Wayan juga mengungkapkan langkah untuk mengantisipasi aksi negatif yang dilakukan siswa dalam merayakan kelulusannya.

"Saya mengimbau sesuai apa yang diucapkan wali kota, tolong sumbangkan baju yang kalian punya ke adik kelas, sehingga tidak diperkenankan untuk adanya coret mencoret, apa lagi konvoi," kata Wayan. 

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016