Los Angeles (ANTARA News) - "Captain America: Civil War" Marvel-Disney mengawali musim panas secara spektakuler dengan meraup pendapatan 181,8 juta dolar AS dari 4.266 lokasi selama akhir pekan.

Film "Captain America" ketiga itu memenuhi ekspektasi tinggi dengan menempati peringkat kelima dalam daftar film dengan pendapatan penayangan perdana terbesar sepanjang masa di Amerika Serikat, membuntuti "Star Wars: The Force Awakens" (248 juta dolar AS), "Jurassic World" (208,8 juta dolar AS), "The Avengers" (207,4 juta dolar AS) dan "Avengers: Age of Ultron" (191,3 juta dolar AS).

Hasil itu juga melampaui pendapatan total domestik "Captain America: The First Avenger" tahun 2011 yang tercatat 176,6 juta dolar AS dan bisa lebih besar dari hasil "Captain America: The Winter Soldier" (2014) sebanyak 259 juta dolar AS pada akhir pekan depan.

Pemasaran "Civil War" jelas bergaung di kalangan penonton bioskop dengan janjinya menampilkan pertarungan epik antara Captain America (Chris Evans) dan Iron Man (Robert Downey Jr.), serta memperkenalkan Chadwick Boseman sebagai Black Panther dan Tom Holland sebagai Spider-Man.

Paul Dergarabedian, analis media senior di ComScore, mengatakan performa "Captain America: Civil War" menggarisbawahi kemahiran Marvel dan Disney dalam mengelola waralaba utama.

"'Captain America: Civil War' meluncur dengan baik karena penayangan perdananya pada musim panas 2016 berada dalam posisi sempurna untuk memanfaatkan kualitas, nilai hiburan yang besar, daya tarik merek, dan tanggal sempurna penayangan perdana yang tepat," katanya.

"Captain America" juga menjaga box office Amerika Serikat tetap berada di jalur rekor performa 2016 dengan hasil 3,856 miliar dolar AS sepanjang akhir pekan atau 7,8 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu dan 14,7 persen lebih tinggi dari tahun 2014.

Disney memainkan peran utama dalam peningkatan pendapatan itu dengan "The Jungle Book" dan "Zootopia" serta "Star Wars: The Force Awakens" yang menyumbang 285 juta dolar AS atau 30 persen dari total pendapatannya yang tercatat 936 juta dolar AS.

Pada pekan keempatnya "The Jungle Book" menempati peringkat kedua setelah "Captain America" dengan pendapatan 21,9 juta dolar AS di 4.144 lokasi, menambah pendapatan 24 harinya menjadi 285 juta dolar AS.

Komedi Open Road yang berjudul "Mother's Day" menempati posisi ketiga dengan hasil sembilan juta dolar AS dari 3.141 bioskop diikuti "The Huntsman: Winter's War" dari Universals yang mengumpulkan 3,6 juta dolar AS dari 2.901 lokasi.

Pada pekan kesepuluhnya, "Zootopia" digeser oleh "Keanu" dari New Line yang menempati peringkat lima dengan hasil 3,1 juta dolar AS.

"Zootopia" mengikutinya dengan hasil 2,7 juta dolar AS dari 2.077 lokasi, menambah penghasilan 66 harinya menjadi 327,6 juta dolar AS, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016