London (ANTARA News) - Tuan rumah West Ham United untuk sementara unggul 1-0 atas Manchester United dalam laga susulan pekan ke-35 Liga Utama Inggris di Stadion Upton Park, London, Rabu dini hari WIB.

Keunggulan tersebut diraih berkat gol yang dicetak Diafra Sakho saat laga baru berjalan 10 menit dalam sebuah skema serangan yang rapih.

Upaya Daley Blind menyapu bola dari wilayah pertahanan MU justru membuat bola jatuh ke kaki Aaron Cresswell yang dengan jeli menyodorkan bola kepada Manuel Lanzini yang berlari tanpa kawalan di sisi kiri. 

Lanzini lantas melepaskan umpan tarik yang sigap disambut sepakan kaki kiri terarah Diafra Sakho yang mengobarkan keriuhan di antara pendukung tuan rumah, melupakan sejenak hitung mundur momen perpisahan mereka dengan Upton Park.

Apabila kedudukan bertahan hingga laga usai, maka tim besutan Slaven Bilic itu akan naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi 62 poin menggusur Southampton (60), sedangkan MU (63) harus menunda ambisi mereka memasuki empat besar hingga laga pamungkas di akhir pekan nanti.

Tampil di hadapan penggemarnya untuk laga kompetitif pamungkas di Stadion Upton Park sebelum hijrah ke Stadion Olimpiade baru pada musim depan, West Ham bermain dengan penuh percaya diri dan mengambil inisiatif serangan sejak tendangan pertama.

Setelah membuka keunggulan, West Ham memperoleh setidaknya empat peluang berbahaya di hadapan gawang MU.

Pada menit 18 umpan silang yang dilepaskan Michail Antonio dalam posisi tak nyaman di sisi kanan dipantulkan Andy Carroll kepada Dimitri Payet yang berjaga di tepian kotak penalti, sayang bola tendangan legiun Prancis itu masih mudah dijinakkan penjaga gawang David de Gea.

Semenit berselang, Carroll mendapati diri dalam duel satu lawan satu menghadapi De Gea, namun bola sepakan kaki kirinya yang berusaha mengarah ke tiang jauh masih bisa dihalau penjaga gawang Spanyol tersebut.

Selanjutnya pada menit 21, bola kembali masuk ke gawang De Gea, ditanduk Antonio dari sebuah umpan silang Noble, namun gol dianulir dan West Ham hanya memperoleh sepak pojok sebab hakim garis menilai bola sudah dulu melewati garis permainan sebelum melambung berbelok kembali masuk lapangan.

Pada menit 31, memanfaatkan kerapuhan barisan pertahanan MU, Mark Noble berhasil merebut bola dan menyodorkannya kepada Payet yang berdiri cukup bebas, namun Payet mengkombinasikan buruknya pengambilan keputusan dengan buruknya upaya penyelesaian melepaskan tendangan yang melebar tak tentu arah dari gawang lawan yang memicu reaksi kecewa dari pelatih Slaven Bilic. Padahal di sisi kanan Carroll berdiri bebas tanpa kawalan sama sekali menanti pasokan bola matang.

Di pengujung babak pertama, MU sempat meminta hadiah penalti dari wasit setelah Anthony Martial terjatuh dalam duel perebutan bola di tepian kotak penalti dengan Antonio.

Berikut susunan pemain kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

West Ham United (4-4-2): Darren Randolph (PG); Michail Antonio, Winston Reid, Angelo Ogbonna, Aaron Cressell; Manuel Lanzini, Cheikhou Kouyate, Mark Noble, Dimitri Payet; Diafra Sakho, Andy Carroll
Pelatih: Slaven Bilic

Manchester United (4-1-4-1): David de Gea (PG); Antonio Valencia, Chris Smalling Daley Blind, Marcos Rojo; Morgan Schneiderlin; Juan Mata, Ander Herrera, Wayne Rooney, Anthony Martial; Marcus Rashford
Pelatih: Louis van Gaal.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016