London (ANTARA News) - West Ham United berhasil membekuk Manchester United dengan skor 3-2 dalam laga susulan pekan ke-35 Liga Utama Inggris di Stadion Upton Park, London, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan tersebut diperoleh berkat gol-gol yang dicetak Diafra Sakho, Michail Antonio dan Winston Reid, masing-masing pada menit 10, 76 dan 80, sementara MU membalas lewat dwigol Anthony Martial pada menit 51 dan 72. 

Berkat kemenangan tersebut, West Ham naik ke peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi 62 poin, menggusur Southampton (60) dari posisi tersebut.

Sedangkan MU (63) yang memasuki laga dengan asa memasuki empat besar klasemen harus mengadu nasib mereka di pekan pamungkas sekaligus mengharapkan hasil buruk dialami rival sekotanya, Manchester City (65) yang saat ini menduduki urutan keempat.

Di sisi lain bagi West Ham, meski hanya terpaut tiga poin dari City, kecil kemungkinan bagi mereka untuk merebut posisi empat karena selisih agregat gol yang sulit dikejar di laga pamungkas.

Laga tersebut dilangsungkan setelah mengalami penundaan selama 45 menit lantaran penyerangan yang dilakukan penggemar tuan rumah kepada bus yang ditumpangi tim MU.

Tampil di hadapan penggemarnya untuk laga kompetitif pamungkas di Stadion Upton Park sebelum hijrah ke Stadion Olimpiade baru pada musim depan, West Ham bermain dengan penuh percaya diri dan mengambil inisiatif serangan sejak tendangan pertama.

Tuan rumah unggul cepat lewat gol Sakho pada menit 10, buah dari kombinasi serangan apik dan kerapuhan pertahanan MU.

Upaya Daley Blind menyapu bola dari wilayah pertahanan MU justru membuat bola jatuh ke kaki Aaron Cresswell yang dengan jeli menyodorkan bola kepada Manuel Lanzini yang berlari tanpa kawalan di sisi kiri. 

Lanzini lantas melepaskan umpan tarik yang sigap disambut sepakan kaki kiri terarah Diafra Sakho yang mengobarkan keriuhan di antara pendukung tuan rumah, melupakan sejenak hitung mundur momen perpisahan mereka dengan Upton Park.

West Ham memiliki dua peluang untuk memperbesar keunggulan mereka di babak pertama, namun Andy Carroll gagal menaklukkan penjaga gawang David de Gea dalam duel satu lawan satu pada menit 19 sedangkan pada menit 31 Dimitri Payet melakukan pengambilan keputusan yang buruk dengan penyelesaian tak tentu arah yang sempat memantik reaksi kekecewaan pelatih Slaven Bilic.

MU yang tak sekalipun mengancam gawang West Ham di babak pertama mendorong sang pelatih Louis van Gaal menurunkan Michael Carrick menggantikan Morgan Schneiderlin usai turun minum.

Hasilnya baru enam menit babak kedua berjalan, MU berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Anthony Martial yang berawal dari keteledoran Aaron Cresswell mengantisipasi bola udara yang membuat bola jatuh ke kaki Marcus Rashford, diteruskan kepada Juan Mata yang berlari di sisi kanan dan sebuah umpan tarik disambut sepakan mudah oleh Martial.

Menguasai pertandingan sejak babak kedua dimulai, MU akhirnya berbalik unggul lewat gol kedua Martial pada menit 72 yang menusuk sendirian dari sisi kiri sebelum melepaskan penyelesaian menawan mengelabui penjaga gawang Darren Randolph.

Namun keunggulan itu hanya bertahan empat menit saja, sebab melalui situasi tendangan bebas yang sempat membentur pagar hidup, Payet memanfaatkan kesempatan kedua dengan melepaskan umpan lambung terarah kepada Antonio yang berdiri bebas tanpa kawalan dan menanduk bola ke gawang MU, kedudukan kembali imbang 2-2.

Semangat untuk memberikan hadiah perpisahan terbaik dengan Stadion Upton Park rupanya melecut para punggawa West Ham untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

Hasilnya, pada menit 80 West Ham sukses kembali merebut keunggulan dalam kedudukan 3-2 berkat gol Winston Reid yang sukses menyambut bola tendangan bebas Payet. Bola tandukan Reid sebetulnya sempat dihalau De Gea, namun halauan tersebut tak cukup untuk menghentikan laju bola ke dalam gawang.

Usai merebut keunggulan, Bilic memilih langkah realistis untuk mengamankan kedudukan dengan menarik keluar Sakho digantikan bek James Tomkins serta menyuntik darah segar di lini tengah menurunkan Pedro Obiang menggantikan Lanzini.

Keputusan tersebut terbukti tepat, sebab West Ham berhasil mempersembahkan kemenangan penting 3-2 atas MU di laga perpisahan mereka dengan Stadion Upton Park.

Berikut susunan pemain kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

West Ham United (4-4-2): Darren Randolph (PG); Michail Antonio, Winston Reid, Angelo Ogbonna, Aaron Cressell; Manuel Lanzini (Pedro Obiang), Cheikhou Kouyate, Mark Noble, Dimitri Payet (Enner Valencia); Diafra Sakho (James Tomkins), Andy Carroll
Pelatih: Slaven Bilic

Manchester United (4-1-4-1): David de Gea (PG); Antonio Valencia, Chris Smalling Daley Blind, Marcos Rojo; Morgan Schneiderlin (Michael Carrick); Juan Mata, Ander Herrera (Jesse Lingard), Wayne Rooney, Anthony Martial; Marcus Rashford
Pelatih: Louis van Gaal.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016