Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan jajaran pemerintah daerah untuk fokus pada pembangunan infrastruktur di daerah masing-masing, baru kemudian mengembangkan kreativitas di bidang lain.

Hal itu disampaikan Mendagri dalam menjabarkan maksud dan keinginan Presiden Joko Widodo bagi pembangunan daerah.

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden, kepala daerah dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan daerahnya fokus pada satu atau dua program. Lebih baik fokus ke pembangunan infrastruktur, baru kemudian bidang lain," kata Tjahjo di Jakarta, Kamis.

Program pemerintah daerah untuk pembangunan, lanjut Tjahjo, sebaiknya dilakukan secara bertahap, namun konsisten. Hal itu supaya manfaat pembangunan dapat dirasakan bagi masyarakat daerah setempat.

"Dengan demikian output-nya pun tampak dan kontrol pembangunan terukur langsung oleh kepala daerah. Sehingga, anggaran (daerah) itu jangan dibuat program secara keseluruhan di semua sektor," jelasnya.

Jika pemda menggunakan pola pikir pembangunan di segala bidang, tanpa mengklasifikasikan bidang yang mendesak, maka hasilnya tidak akan terfokus.

Pada penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), Rabu (11/5), Presiden Joko Widodo mengajak seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota untuk membangun ciri khas daerah.

Hal itu dimaksudkan agar daerah memiliki ciri khas dan karakteristik yang dapat membawa nilai lebih, khususnya di sektor ekonomi, bagi masyarakat daerah tersebut.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga pmenyerukan agar pemerintah daerah dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam mengelola produk-produk lokal.

Wapres mendorong pemerintah daerah mengelola potensi yang ada dan membuat kebijakan yang bagus sehingga menjadikan daerah tersebut menarik bagi investor asing.

Dengan adanya investasi di daerah tersebut, maka lapangan pekerjaan akan terbuka bagi masyarakat sekitar dan hasil produksi di daerah tersebut dapat meningkat.

"Suatu kemakmuran hanya akan terjadi apabila ada hal yang sangat penting, yaitu lapangan kerja dan peningkatan hasil. Dan semuanya itu hanya dapat dihasilkan oleh teknologi yang dikerjakan dengan investasi modal yang baik. Oleh karena itulah, maka daerah-daerah harus menarik," kata Wapres Kalla.

Menjadikan suatu daerah menarik, lanjut Wapres, memerlukan usaha dan kerja keras dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, untuk menghasilkan produk-produk daerah yang berkualitas.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016