Meksiko City (ANTARA News) - Presiden FIFA Gianni Infantino berkata kepada delegasi FIFA bahwa pencabutan sanksi kepada Indonesia ditempuh setelah pemerintah Indonesia sepakat mencabut pembekuan PSSI yang selama ini dianggap oleh badan sepak bola dunia itu sebagai campur tangan terhadap federasi sepak bola yang tidak bisa diterima.

"Pemerintah Indonesia telah memberi tahu kami bahwa dekrit (pembekuan PSSI) yang menyebabkan penghentian sementara (kegiatan internasional dan kompetisi reguler sepak bola Indonesia) telah dicabut," kata Infantino seperti dikutip Reuters.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyambut hangat langkah FIFA ini, namun menegaskan akan terus melawan intervensi pemerintah dalam sepak bola.

"Komite Eksekutif AFC menegaskan lagi pekan ini untuk terus melawan intervensi pemerintah dalam olah raga pada umumnya dan sepak bola khusus," kata AFC.

"Sebagaimana dalam pertemuan di Delhi November silam, Doha pada Januari dan Kuala Lumpur Maret lalu, Komite Eksekutif AFC di Mexico City menegaskan bahwa tidak ada tempat atau justifikasi untuk intervensi pemertintah."

FIFA mengenakan sanksi kepada Indonesia Juni tahun lalu setelah pemerintah dan PSSI berselisih mengenai tim-tim yang mesti masuk liga utama.

Namun Kongres FIFA di Mexico City memastikan tetap mempertahankan sanksi kepada Kuwait dan Benin karena intervensi pemerintah kepada asosiasi sepak bolanya, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016