Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault mengatakan siap maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan dan menargetkan dapat memenuhi persyaratan dukungan sesuai aturan perundangan dan KPU hingga pekan pertama Juli.

"Sampai saat ini saya sudah mengumpulkan sekitar 125.000 foto kopi KTP dan pernyataan dukungan yang dibantu para relawan," kata Adhyaksa Dault kepada pers di Jakarta, Sabtu.

Menurut Adhyaksa, banyak aktivis dari organisasi kemasyarakatan dan pemuda serta organisasi kemahasiswaan yang membantunya secara suka rela mengumpulkan syarat dukungan yakni foto kopi KTP dan pernyataan dukungan.

Bahkan, kata dia, para pemuda yang aktif di rumah ibadah seperti remaja masjid dan pemuda gereja juga aktif memberikan bantuan mengumpulkan syarat dukungan.

"Kalau sampai pekan pertama Juli, foto kopi KTP dan pernyataan dukungan belum terkumpul semua, maka saya akan limpahkan ke calon perseorangan lainnya yang memiliki visi dan misi relatif sama yakni nasionalis relijius," katanya.

Adhyaksa menegaskan, dirinya siap maju sebagai calon gubernur DKI tidak mau mendaftar ke partai politik karena berpandangan pembangunan Jakarta ke depan membutuhkan figur pemimpin bukan penguasa.

Figur kepemimpinan, kata dia, pendekatannya adalah kompetensi dan kapasitas figur dan bukannya kekuatan finansial atau sekadar popularitas.

"Kalau ada partai politik yang mau mengusung, saya siap maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta melalui partai politik, tapi kalo harus mendaftar saya memilih melalui jalur perseorangan saja," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Adhyaksa juga mengatakan dirinya sudah membangun komunikasi dengan partai-partai politik yang ada di parlemen, antara lain, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat (PD), Partai Golkar, serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Umum Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini menengarai partai-partai politik tersebut, sudah ada figur yang akan diusung.

Adhyaksa juga menyatakan, sudah menyiapkan konsep pembangunan ibu kota negara berbasis pendekatan lingkungan dan kependudukan, jika dirinya dapat maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta. 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016