Newcastle, Inggris (ANTARA News) - Tim yang sudah dipastikan terdegradasi dari Liga Utama Inggris, Newcastle United, menutup penampilannya pada laga pamungkas 2015/2016 dengan menang telak 5-1 atas Tottenham Hotspur di Stadion St. James' Park, Minggu.

Sayangnya, kemenangan ini tak mengubah kenyataan bahwa tim besutan Rafael Benitez itu akan tampil di Divisi Dua musim depan. Namun hasil itu sukses memaksa Spurs menutup musim dengan berada pada urutan ketiga karena tersalip Arsenal yang di laga lain menang besar atas Aston Villa.

Menariknya, Newcastle, yang bermain dengan 10 pemain di lapangan sejak Aleksandar Mitrovic diusir wasit Anthony Taylor pada menit 67 berhasil memperbesar keunggulan 2-1 menjadi kemenangan 5-1 atas Spurs.

Mitrovic menjadi pemain keenam sepanjang Liga Utama Inggris yang menyelesaikan sebuah pertandingan dengan gol, assist dan sekaligus kartu merah.

Mitrovic menjadi pengumpan untuk gol pembuka keunggulan Newcastle pada menit 19, saat bola kirimannya diselesaikan dengan baik oleh Georginio Wijnaldum untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0 bagi tuan rumah.

Pada menit 39, Mitrovic menggandakan keunggulan Newcastle setelah menanduk umpan silang kiriman Moussa Sissoko.

Spurs memperkecil ketertinggalan pada menit 60 setelah memanfaatkan keteledoran barisan pertahanan Newcastle yang membiarkan Harry Kane mencuri bola dan mengirimkannya kepada Erik Lamela yang berdiri bebas serta dengan tenang melepaskan tendagan kencang tak terhalau penjaga gawang Karl Darlow.

Tujuh menit kemudian, Newcastle harus bermain dengan 10 pemain setelah Mitrovic melakukan pelanggaran dengan menjejak kaki Kyle Walker.

Namun Newcastle justru beroleh kesempatan kembali menjauh saat Sissoko dijatuhkan di area terlarang dan Taylor menunjuk titik putih, Wijnaldum yang jadi algojo sukses memperbesar keunggulan timnya menjadi 3-1 pada menit 73.

Pemain pengganti Rolando Aarons yang baru masuk pada menit 76 hanya membutuhkan waktu tak sampai 10 menit untuk mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambut umpan lengkung kiriman Andros Townsend dengan sepakan keras.

Daryl Janmaat yang sempat melakukan kesalahan berujung gol balasan Spurs sebelumnya, memastikan kemenangan Newcastle menjadi 5-1 setelah mencetak gol usat memanfaatkan barisan pertahanan Spurs yang rapuh.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Newcastle United (4-2-3-1): Karl Darlow (PG); Daryl Janmaat, Steven Taylor, Chancel Mbemba, Paul Dummett; Cheick Tiote (Jonjo Shelvey), Jack Colback; Georginio Wijnaldum (Rolando Aarons), Moussa Sissoko (Jamie Sterry), Andros Townsend; Aleksandar Mitrovic
Pelatih: Rafael Benitez

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris (PG); Kyle Walker (Nacer Chadli), Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Eric Dier, Ryan Mason (Tom Carroll); Erik Lamela, Son Heung-min (Joshua Onomah), Christian Eriksen; Harry Kane
Pelatih: Mauricio Pochettino

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016