ASC-IFI kerja sama bidang musik klasik

ASC-IFI kerja sama bidang musik klasik

Ananda Sukarlan (ANTARA News / Deny Yuliansari)

Jakarta (ANTARA News) - Institut Prancis di Indonesia (IFI) dan Ananda Sukarlan Center (ASC) akan bekerja sama dalam pengembangan dan pendidikan musik klasik.

"ASC dan IFI berkomitmen bekerja sama dan berkolaborasi dalam seni pertunjukan, khususnya seni musik klasik. Sebagai penyelenggara kompetisi piano bertaraf internasional sejak 2008, Ananda Sukarlan Award telah melahirkan pianis muda Indonesia berbakat dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di dalam dan luar negeri," kata Direktur ASC Ananda Sukarlan melalui siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Sebagai bentuk komitmen IFI dalam mendukung perkembangan seni dan kebudayaan di Indonesia, mulai dari tahun 2014, pemenang utama Kompetisi ASA mendapat beasiswa "summer course"di Prancis.

Hal ini sesuai dengan misi IFI dan ASC untuk mengembangkan kemampuan dan sumber daya di bidang seni dan budaya kedua belah pihak.

Melalui ASC, sang maestro piano Indonesia Ananda Sukarlan menyelenggarakan Kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award (ASA) bagi dewasa dan anak-anak tiap tahunnya untuk menjaring bakat baru.

Kompetisi ASA digelar di Auditorium IFI. Tahun ini, pendaftaran peserta akan ditutup pada 25 Juni 2016 dan kompetisi akan digelar pada 27-31 Juli 2016 dengan juri dari Indonesia, Spanyol, Australia dan Italia.

Pemenang utama untuk kategori senior akan mendapat beasiswa dari IFI dan Kedutaan Besar Perancis untuk mengikuti "summer course" di Prancis pada tahun 2017.

Pemenang Kompetisi Piano Nasional Ananda Sukarlan Award 2014, Anthony Hartono yang tengah menyelesaikan studi dengan beasiswa di Yong Siew Toh Conservatory of Music di Singapura ini mengatakan mengikuti berbagai kompetisi didorong oleh motivasi untuk mengevaluasi kemampuan diri sendiri dan melihat apa yang dapat dipelajari dari permainan peserta-peserta lain.

Setelah lulus, Anthony Hartono berencana untuk melanjutkan meraih gelar Master Degreedan tetap mengikuti kompetisi musik klasik bertaraf internasional demi menambah pengalaman.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar