Tahun lalu ada 5,1 juta penumpang, kalau tahun ini ada 5,3 juta pemudik yang akan menggunakan kereta api dan ini berarti ada peningkatan sekitar 5,5 persen,"
Cirebon (ANTARA News) - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro di Cirebon, Jawa Barat, mengatakan tahun ini sebanyak 5,3 juta pemudik akan menggunakan kereta api sebagai alat transportasi perjalanannya dan ini berarti mengalami peningkatan sekitar 5,5 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun lalu ada 5,1 juta penumpang, kalau tahun ini ada 5,3 juta pemudik yang akan menggunakan kereta api dan ini berarti ada peningkatan sekitar 5,5 persen," kata Edi di Stasiun Cirebon, Rabu.

Untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan moda transportasi Lebaran yang sangat tinggi, PT KAI menyediakan 334 perjalanan KA reguler yang terdiri dari KA jarak jauh, sedang dan lokal.

Ia menuturkan pihaknya yaitu PT KAI menyediakan kursi sejumlah 198.454 dalam setiap harinya, untuk musim arus mudik dan balik lebaran.

"Kami juga menyediakan 38 perjalanan KA tambahan dengan jumlah seat 22.308 per hari," tuturnya.

Ia menambahkan untuk total tempat duduk yang disiapkan dalam angkutan lebaran ini, mencapai 214.048 tempat duduk dalam setiap harinya.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang hanya menyediakan 220.762 tempat duduk, dalam setiap harinya.

"Untuk tahun ini, jumlah tempat duduk yang disediakan meningkat, dibandingkan dengan tahun sebelumnya," tambahnya.

Ia mengatakan untuk layanan angkutan sepeda motor gratis, kerja sama PT KAI dan Kemenhub, sudah terdaftar sebanyak 5.082 unit motor untuk mudik dan 4.584 unit sepeda motor untuk arus balik.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016