Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menyatakan telah menyediakan stok 6.000 ekor sapi untuk memenuhi kebutuhan daging diwilayah setempat selama Ramadan hingga Idul Fitri 1437 H.

"Kami jamin stok daging aman selama Ramadan hingga kebutuhan Idul Fitri, karena ada 6.000an ekor yang siap dipasok ke Pekanbaru," kata Kadistanak Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut El sapi-sapi ini akan dipasok oleh perusahaan besar yang menjadi distributor Pekanbaru. Sumbernya berasal dari dua provinsi yakni Lampung dan Medan.

El juga menambahkan sapi terbanyak didatangkan dari Lampung sementara Medan sisanya.

"Lampung memasok 55 persen sapi ke Pekanbaru, dan 45 persen dari Medan," rincinya menambahkan.

Karena itu ia mengimbau agar masyarakat tidak perlu kuatir akan stok dan ketersediaan daging sapi.

Sehingga tidak perlu ada aksi borong, atau bahkan penimbunan yang mengarah kepada timbulnya kepanikan pasar. Karena ini akan mendorong harga pasar begejolak.

"Kami jamin stok aman," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, telah terjadi peningkatan permintaan daging sapi segar diwilayah Kota Pekanbaru sebesar 15 persen 11 hari menjelang Ramadan 1437 H.

Jika pada hari biasa jumlah pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) hanya 25-30 ekor sapi perhari.

Namun sejak H -11 kemaren jumlahnya meningkat menjadi 33-35 ekor per hari. "Naik sekitar 10-15 persen perharinya," kata Kepala Dinas Pertanian Pekanbaru, El Syabrina.

Pewarta: Netty M/Vera L
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016